Senin 13 Feb 2023 15:32 WIB

Kepulauan Seribu akan Bangun Dermaga Baru

Dermaga baru dipersiapkan untuk memudahkan akses masuk dan keluar Kepulauan Seribu.

Perahu bersandar di Dermaga Pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Perahu bersandar di Dermaga Pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabupaten Kepulauan Seribu tengah mempersiapkan pembangunan dermaga baru untuk memperkuat layanan transportasi dari dan menuju wilayah Kepulauan Seribu. "Rencananya, pembangunan dermaga itu dipersiapkan di area Baywalk, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara," kata Bupati Kepulauan Seribu Junaedi saat audiensi dengan pengelola Baywalk Jakarta dan PT Seribu Pesona Indonesia di Gedung Mitra Praja, Jakarta, Senin (13/2/2023).

Junaedi mengaku sudah berkomunikasi dengan pengelola Baywalk Jakarta untuk menyiapkan dermaga baru Kepulauan Seribu, dengan didukung PT Seribu Pesona Indonesia. "Ini baru rencana awal dan komunikasi awal, masih ada tahapan selanjutnya, pekan depan mau komunikasi dengan Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) setempat. Untuk nama dan lokasi sebelah mana belum ditentukan," kata Kepala Seksi Kehumasan dan Statistik Sudin Kominfotik Kepulauan Seribu Jipandoli Nainggolan.

Baca Juga

Pembangunan dermaga tersebut diharapkan bisa representatif dan menarik bagi wisatawan maupun warga Kepulauan Seribu. Pembangunan dermaga baru Kepulauan Seribu bukan kali pertama dicetuskan. Empat tahun lalu, tepatnya 20 Agustus 2019, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu juga pernah memaparkan urgensi membangun dermaga baru.

Saat itu, Bupati Kepulauan Seribu 2018-2020 Husein Murad berencana akan menjadikan dermaga Bahtera Jaya Ancol di Pademangan, Jakarta Utara, sebagai ikon pintu masuk pariwisata ke wilayah Kepulauan Seribu. Karena, kala itu, akses menuju ke Dermaga Kaliadem, Muara Angke, Penjaringan dinilai belum cukup representatif oleh anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta sehingga dikhawatirkan menurunkan animo wisatawan berkunjung ke Kepulauan Seribu lantaran ketidaknyamanan.

Namun, rencana itu disampaikan jauh sebelum revitalisasi Dermaga Kaliadem, Pelabuhan Muara Angke rampung pada Oktober 2022 di masa pemerintahan Gubernur DKI Jakarta saat itu, Anies Baswedan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement