Jumat 10 Feb 2023 23:09 WIB

Ratusan Pedagang Kue Subuh Kembali Berjualan di Senen Jaya

Ada sekitar 500 pedagang kue yang akan berjualan di lokasi baru.

Pedagang kue subuh di Pasar Senen, Jakarta Pusat. Ratusan pedagang mulai Sabtu (11/2/2023) akan berjualan di lokasi parkir gedung Senen Jaya. (ilustrasi)
Foto: Republika/Nugroho Habibi
Pedagang kue subuh di Pasar Senen, Jakarta Pusat. Ratusan pedagang mulai Sabtu (11/2/2023) akan berjualan di lokasi parkir gedung Senen Jaya. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ratusan pedagang kue subuh yang sebelumnya berjualan di Grosir Senen Jaya Blok 5 kini direlokasi ke area parkir lantai 1 Gedung Senen Jaya 1 dan 2 mulai 10 Februari 2023. Ada sekitar 500 pedagang yang akan berjualan di lokasi baru.

"Jadi para pedagang kue tradisional subuh ini memang awalnya berjualan di sini, kemudian setelah kebakaran direlokasi ke Blok 5. Sekarang kami kembalikan lagi mereka ke tempat asal yakni di Senen Jaya," kata Manajer Persewaan Senen Jaya 1 dan 2 Anton Susilo saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (10/2/2023).

Baca Juga

Anton menjelaskan setidaknya terdapat 400-500 pedagang kue tradisional atau 1.200 meja yang kini sudah mulai berjualan lagi di lokasi baru. Untuk menarik masyarakat umum, pihak Senen Jaya pun menggelar festival kue subuh yang digelar di lobi barat dan timur Gedung Senen Jaya mulai pukul 18.00 sampai 05.00 WIB.

Berdasarkan pantauan, sejumlah pedagang masih menata kue-kue dan dagangannya pukul 18.00 WIB. Truk dan mobil pun lalu lalang di area parkir lantai 1 untuk mengantar kue-kue yang dijajakan.

Sejumlah pedagang turun-naik mengambil barang di lantai dasar karena lahan untuk loading barang hanya cukup untuk 2-3 mobil saja. Sementara itu, salah satu pedagang kue subuh, Yanti, mengaku sudah diinformasikan perihal relokasi sejak dua bulan lalu.

"Sudah dikasih tahu oleh pengurus, pelanggan kami juga sudah jauh-jauh hari diberi tahu jangan ke blok 5 lagi," katanya.

Menurut Yanti, lokasi baru menyulitkan sejumlah pedagang untuk loading barang karena akses mobil hanya berada di pintu masuk parkir. Senada dengan itu, Murni (35) mengaku lebih nyaman di lokasi kue subuh sebelumnya karena jalan masuk lebih terbuka.

"Saya merasa lokasi lama lebih nyaman, karena terbuka sehingga udaranya juga masuk, kalau ini, lebih panas ya. Terus kasihan juga orang tua kalau ke sini karena jalanannya menanjak," kata dia.

Adapun area parkir tempat pedagang berjualan merupakan lahan sementara. Nantinya mereka akan direlokasi kembali ke dalam gedung Senen Jaya di lantai 1. Hal itu karena gedung pusat perbelanjaan Senen Jaya 1 dan 2 masih pada tahap penyelesaian konstruksi dan baru beroperasi pada Maret 2023.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement