Senin 06 Feb 2023 11:19 WIB

Keberagaman di Sepanjang Jalan Suryakencana Saat Cap Go Meh-Bogor Street Festival

Keberagaman menjadi sebuah kekuatan yang menyejahterakan rakyat Indonesia

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus raharjo
Suasana Cap Go Meh - Bogor Street Festival di sepanjang Jalan Suryakencana, Kota Bogor, Ahad (5/2/2023).
Foto:

Pasukan drumband dari Pusat Pendidikan Zeni (Pusdikzi), membuka Parade Seni Budaya yang sudah dinanti warga. Mengenakan seragam loreng dan kepala harimau, drumband dari Pusdikzi dikenal dengan gerakannya yang lincah dan aktif, sebagai tanda bahwa tentara dapat membaur menghibur rakyat.

Para penampil dari berbagai daerah pun tak kalah ingin unjuk gigi. Tak hanya budaya dari Kota Bogor, puluhan penampilan seni budaya dari daerah lain juga turut memeriahkan CGM-BSF 2023. Di antaranya Buroq Cirebon, Ondel-Ondel Betawi, Reog Ponorogo, Angklung Banyumasan, Ciamis Nyerere, Ogoh-Ogoh Bali, dan puluhan seni budaya lainnya.

Ba’da Maghrib, Cap Go Meh show case yang menjadi ciri khas dalam perayaan malam ke-15 setelah Tahun Baru Imlek. Atraksi barongsai dimulai dari liong pembuka jalan, lampion, Kie Lin, Joli Abu, dan sekitar 30 atraksi barongsai lainnya.

Setelah vakum dua tahun lamanya karena pandemi Covid-19, warga antusias memadati 2,1 kilometer Jalan Suryakencana. Menyaksikan atraksi barongsai sambil memberikan angpao kepada para penampil.

Ketua CGM-BSF 2023, Arifin Himawan, mengatakan perayaan Cap Go Meh di Kota Bogor merupakan perayaan kebudayaan, bukan perayaan keagamaan. Sehingga perayaan ini boleh dinikmati oleh semua kalangan.

Tim pendukung acara Cap Go Meh tahun ini diperkirakan mencapai 5.000 orang yang melakukan kegiatan kolosan di sepanjang Jalan Suryakencana. Ada 20 tandu diarak bersama, serta 26 tim yang membawa 58 barongsai dan naga.

“Keberagaman ini adalah tanggungjawab kita bersama. Kebudayaan Jawa Barat, Nasional, dipestakan di CGM-BSF ini,” tutur pria yang akrab disapa Ahim ini.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil atau Emil, memberi nilai 9/10 untuk perhelatan festival bertajuk “Unity in Diversity” ini. Menurutnya, perayaan Cap Go Meh di Kota Bogor merupakan yang terbaik di Jawa Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement