Sabtu 28 Jan 2023 20:01 WIB

Buaya Raksasa Teror Warga di Sekitar Sungai Siak

Buaya raksasa mengancam keselamatan warga,

Rep: Febrian Fachri/ Red: Erdy Nasrul
Seekor buaya raksasa.
Foto: reuters
Seekor buaya raksasa.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU- Pengunjung dan warga di tepian Sungai Siak, tepatnya di Jalan Parit Berandah, Kampung Terendam, Rumbai, Kota Pekanbaru dihebohkan dengan penampakan seekor buaya berukuran besar pada Jumat (27/1/2023) siang kemarin.

Buaya tersebut muncul di bawah rumah milik warga. Kebetulan rumah warga lokasi kemunculan buaya tersebut sering didatangi para pemancing.

"Saksi melihat buaya itu muncul di sela lantai kayu yang berlubang dan direkam terpantau dalam video berdurasi 55 detik," kata Plt Kepala Bidang KSDA Wilayah II, Hartono.

Pihaknya sudah memantau video viral munculnya buaya tersebut. BKSDA menyebut ukuran buaya sangat besar dengan panjang 3 meter sampai 5 meter.

BKSDA menurut Hartono mengimbau warga dan pemancing supaya waspada setiap mendekati Sungai Siak di Rumbai. Analisis sementara BKSDA, ada sesuatu di rumah warga tersebut yang memicu buaya tersebut datang. "Karena itu, kami menghimbau masyarakat tidak membuang kotoran dan sisa makanan karena memancing munculnya buaya," ujar Hartono.

Hartono menjelaskan Sungai Siak memang merupakan habitat buaya. Ia berharap warga dan pengunjung memahami untuk memberi ruang untuk satwa amphibi tersebut karena sudah diatur  dalam UU nomor tahun 1990.

"Kami akan memasangi rambu-rambu supaya masyarakat berhati-hati. Saat ini belum ada lagi informasi kemunculan baru," kata Hartono menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement