Selasa 24 Jan 2023 06:35 WIB

Kemenparekraf dan Danone Kerja Sama Kembangkan 14 Desa Wisata

Kontribusi PDB sektor pariwisata 2023 diperkirakan mencapai 4,3 persen.

Kemenparekraf bekerja sama dengan Danone Indonesia terkait pengembangan 14 desa wisata di tujuh provinsi.
Foto: Istimewa
Kemenparekraf bekerja sama dengan Danone Indonesia terkait pengembangan 14 desa wisata di tujuh provinsi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guna mendukung pengembangan desa wisata di tujuh provinsi di Indonesia, Danone Indonesia menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Melalui kerja sama tersebut, Danone Indonesia mendukung pengembangan 14 desa wisata di tujuh provinsi.

Di antaranya, Sumatra Utara (Desa Lumban Bulbul, Toba); Jawa Barat (Desa Pancawati, Bogor, Kampung Adat Banceuy, Desa Pesanggrahan, Desa Cibeusi, Subang); Jawa Tengah (Desa Blederan, Desa Tanjunganom, Wonosobo); Yogyakarta (Desa Karangasem, Kulon Progo); dan Jawa Timur (Desa Jatiarjo, Pasuruan).

Kemudian, Bali (Desa Kintamani, Bangli; Desa Belok Sidan, Desa Bongkasa Pertiwi, Badung); dan Sulawesi Utara (Desa Lihunu, Desa Tumaluntung, Minahasa Utara). Ruang lingkup kerja sama mencakup, pemanfaatan dan pertukaran data pelaksanaan dukungan sarana dan prasarana, pelestarian lingkungan, hingga edukasi dan pengelolaan sampah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, industri parekraf merupakan salah satu sektor yang paling terdampak saat pandemi. Dalam mendorong geliat sektor pariwisata, sambung dia, seluruh komponen dalam ekosistem parekraf perlu bergerak bersama-sama untuk menggarap semua potensi dan peluang yang ada.

"Sejalan dengan strategi kami, 3G, yaitu Gerak Cepat (Gercep), Gerak Bersama (Geber) dan Gaspol (Garap semua potensi dan peluang yang ada). Hal ini membutuhkan tim solid yang resilien, adaptif, dan kolaboratif dalam menghadirkan inovasi, termasuk menjalin kerja sama lintas sektor," ujar Sandi dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Geliat pariwisata tanah air mulai menunjukkan tren positif. Berdasarkan data Kemenparekraf, kontribusi produk domestik bruto (PDB) sektor pariwisata 2023 diperkirakan mencapai 4,3 persen. "Karena dukungan ini akan mendorong pertumbuhan sektor pariwisata serta meningkatkan perekonomian nasional," ujar Sandi.

Chief Executive Officer Danone Indonesia, Connie Ang, mengatakan, pihaknya memiliki komitmen jangka panjang yang terangkum dalam 'One Planet One Health'. Menurut dia, setiap inisiatif dan inovasi yang dilakukan selalu berlandaskan pada kesehatan manusia dan kelestarian lingkungan.

"Komitmen kami ini terwujud dengan sangat jelas melalui dukungan pengembangan desa wisata. Kami berterima kasih atas dukungan dan kepercayaan Kemenparekraf yang memungkinkan kami untuk terus berkontribusi bagi pembangunan masa depan Indonesia yang lebih baik," ujar Connie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement