Selasa 24 Jan 2023 06:29 WIB

Viral Pelajar SMP di Bogor Secara Heroik Buka Jalan untuk Damkar

Pelajar SMP Bogor, Alfin sebut hanya inisiatif untuk bantu bukakan jalan untuk damkar

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Bilal Ramadhan
Sejumlah mobil pemadam kebakaran. Pelajar SMP Bogor, Alfin sebut hanya inisiatif untuk bantu bukakan jalan untuk damkar
Foto: Republika/Edi Yusuf
Sejumlah mobil pemadam kebakaran. Pelajar SMP Bogor, Alfin sebut hanya inisiatif untuk bantu bukakan jalan untuk damkar

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Seorang pelajar SMPN 7 Kota Bogor bernama Alfin Alfarizqi (14 tahun) viral di media sosial karena aksi heroiknya. Dia turun ke jalan membantu petugas pemadam kebakaran yang sedang berupaya membuka jalur saat melintas di kawasan Empang, Kota Bogor, Kamis (19/1/2023) sore.

Alfin bercerita, saat dirinya pulang sekolah dan menunggu angkutan umum, tiba-tiba terdengar sirine pemadam kebakaran yang tidak bisa bergerak karena padatnya lalu lintas.

Baca Juga

“Saya inisiatif ke tengah membukakan jalan. Sebelumnya juga pernah saya bantu hal yang sama tapi untuk ambulans,” ungkap Alfin, Senin (23/1/2023).

Alfin sendiri tidak tahu kalau aksinya itu viral lantaran tidak memiliki akun sosial media. Ia hanya mengetahui videonya beredar di aplikasi pesan singkat WhatsApp.

“Di grup WhatsApp sekolah banyak yang ngirim juga. Padahal saya nggak sadar juga kalau divideoin sama petugasnya. Tiba-tiba muncul di mana-mana,” kata Alfin.

Bahkan, kata dia, neneknya sempat kaget karena khawatir Alfin viral lantaran terjerumus ke hal-hal negatif seperti tawuran. Namun, kakaknya menjelaskan ke neneknya jika hal tersebut bukan masalah.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, pun mengunjungi rumah Alfin di Kampung Muara Kidul, Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Senin (23/1/2023). Bima Arya pun berbincang dengan Alfin yang sejak kecil dirawat oleh neneknya itu.

Berkat aksi heroiknya itu, Bima Arya memberikan hadiah kepada Alfin berupa sepeda, sepatu, buku dan lain sebagainya. Alfin juga merupakan anggota Pramuka Kwarcab Kota Bogor yang dinilai sangat sederhana.

Bima Arya menuturkan, hal ini diberikannya kepada Alfin karena sudah membantu warga, menginspirasi orang banyak, dan terlebih lagi memudahkan petugas. Menurut Bima Arya, sudah sepatutnya anak muda berani dalam kebaikan dan membantu orang.

“Berjasa sekali, terima kasih Alfin. Alfin adalah contoh baik yang mengamalkan dengan baik Dasa Darma Pramuka, kasih sayang sesama manusia, rela menolong dan juga berani. Semoga sehat selalu, terkabul cita-citanya (menjadi TNI), nanti kita ngobrol-ngobrol lagi ya,” imbuhnya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement