Senin 23 Jan 2023 14:33 WIB

YBM PLN Babel Bantu Usaha Budi Daya Lebah Madu

Bantuan yang diberikan ini sesuai kebutuhan usaha yang dikelola kelompok.

YBM PLN (ilustrasi). Yayasan Baitul Maal Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Wilayah Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan usaha kepada kelompok usaha budi daya lebah madu, Kelompok Usaha Cahaya (KUC) Koloni Babel di Desa Airduren, Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung.
Foto: YBM PLN
YBM PLN (ilustrasi). Yayasan Baitul Maal Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Wilayah Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan usaha kepada kelompok usaha budi daya lebah madu, Kelompok Usaha Cahaya (KUC) Koloni Babel di Desa Airduren, Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Yayasan Baitul Maal Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Wilayah Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan usaha kepada kelompok usaha budi daya lebah madu, Kelompok Usaha Cahaya (KUC) Koloni Babel di Desa Airduren, Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung.

"Penyaluran bantuan usaha kepada Kelompok Usaha Cahaya (KUC) Koloni Babel ini merupakan salah satu bentuk keseriusan perusahaan dalam upaya meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat," kata General Manager PLN UIW Babel, Ajrun Karim di Pangkalpinang, Senin (23/1/2023).

Baca Juga

Ia berharap bantuan yang disalurkan melalui YBM PLN tersebut bisa bermanfaat dan berkelanjutan dalam pengembangan usaha KUC Koloni Babel yang selama ini bergerak dalam bidang budidaya lebah madu kelulut (trigona SP). Bantuan yang disalurkan akan dimanfaatkan untuk pengadaan peralatan, koloni lebah kelulut, termasuk kegiatan pendampingan program dan pembinaan rohani Islam.

"Bantuan yang sudah diberikan dan diamanahkan oleh YBM PLN ini agar dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian serta diharapkan bisa berkembang dan berjalan lancar," kata Arjun.

Ia menambahkan, apabila budi daya lebah madu ini dapat dikelola dengan baik, bantuan ini akan terus bergulir. "YBM PLN akan terus membimbing, memonitor dan memberikan panduan hingga anggota KUC ini bisa mandiri," ujar dia.

Ajrun mengatakan, PLN dalam menjalankan tugasnya memenuhi kebutuhan listrik di Babel memerlukan dukungan dari masyarakat dan pemerintah daerah.

Ketua YBM PLN Unit Babel Adhy Setiawan menambahkan, bantuan yang disalurkan kepada kelompok usaha binaan tersebut merupakan dana zakat dari penghasilan karyawan yang dipotong setiap bulan yang dikelola YBM.

"Bantuan yang diberikan ini sesuai kebutuhan usaha yang akan dikelola kelompok penerima manfaat. Kami harapkan tepat sasaran, tepat manfaat dan berkelanjutan," kata Adhy.

PLN UIW Babel melalui YBM PLN Unit Babel pada 2022-2023 menyerahkan paket bantuan kepada empat KUC di wilayah kerja. Yaitu kepada KUC Warung Bahagia yang bergerak dalam bidang usaha warung sembako yang dikelola penyandang disabilitas di Pangkalpinang dan di Koba Bangka Tengah, KUC Tani Namang usaha budidaya tanaman cabai di Desa Namang, Bangka Tengah, KUC Neruse Baru usaha budidaya lele di Pangkallalang, Tanjungpandan dan KUC Koloni Babel budidaya lebah madu kelulut di AirDuren, Kabupaten Bangka.

YBM PLN adalah yayasan yang dikukuhkan sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, No. AHU.679.AH.01.04. pada 24 Februari 2010.

Dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga amil zakat di lingkungan BUMN, YBM PLN mengedepankan prinsip profesional dan transparansi serta sesuai dengan ketentuan syariah dalam mengelola setiap dana zakat.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement