Senin 23 Jan 2023 01:09 WIB

Perayaan Imlek di Aceh Berlangsung Meriah dan Kondusif

Perayaan imlek tahun ini berlangsung tertib dan kondusif

Ilustrasi imlek.
Foto: Surya Dinata/RepublikaTV
Ilustrasi imlek.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH - Perayaan imlek kelinci air 2023 di Kota Banda Aceh berlangsung kondusif dan meriah, terlihat dari antusiasnya masyarakat menyaksikan atraksi barongsai di ibu kota provinsi Aceh itu.

"Situasi yang sudah kondusif ini hendaknya dirawat dan dipertahankan terus sehingga ke depannya menjadi lebih baik," kata Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Aceh Ketut Panji Budiawan, di Banda Aceh, Ahad (22/1/2023).

Ketut mengatakan, secara pribadi dirinya merasakan warga Muslim sangat toleran, belum pernah terjadinya gesekan atau hal-hal yang dapat mengganggu ibadah mereka, dan selalu aman.

Menurut dia, perayaan imlek tahun ini berlangsung tertib dan kondusif serta mendapatkan pengawalan dan pengawasan dari Pemerintah Aceh dengan menerjunkan personel pengamanan pada setiap vihara.

Dirinya berharap, tahun kelinci air yang dimaknai oleh umat Budhha atau etnis Tionghoa dapat membawa keberuntungan bagi semua umat manusia benar-benar dirasakan.

"Di tahun ini kami berharap semua umat manusia, khususnya warga Tionghoa dapat lebih baik kesehatannya dan rezeki berlimpah," ujarnya.

Salah seorang warga Banda Aceh, Nora mengaku begitu semangat menyaksikan atraksi barongsai yang dimainkan dalam rangka perayaan imlek 2023 tersebut.

"Saya baru pertama kali ikut menyaksikan dan sangat senang untuk mengikuti atraksi ini dari pagi sampai sore nanti," kata Nora.

Atraksi barongsai tersebut berlangsung sejak pagi hingga sore di kawasan Peunayong. Terlihat warga Banda Aceh bisa berbaur dengan masyarakat Tionghoa yang merayakan imlek tahun kelinci air ini.

Mulai dari anak-anak hingga dewasa terhibur dan menikmati pertunjukan dari dua tim berkostum naga biru dan kuning yang memainkan atraksi tersebut, yaitu tim A Jeriko dan tim B Martin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement