Kamis 19 Jan 2023 10:52 WIB

Warga Sukabumi Bisa Dapat Baju Gratis di Distro Mustahik Baznas

Untuk mendapatkannya tidak perlu syarat khusus, warga yang membutuhkan tinggal datang

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gita Amanda
Gerai Distro Mustahik yang dibuka Baznas Kota Sukabumi menyediakan secara gratis pakaian bekas layak pakai untuk warga kurang mampu di Gedung Pusat Kajian Islam, Rabu (18/1/2023).
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Gerai Distro Mustahik yang dibuka Baznas Kota Sukabumi menyediakan secara gratis pakaian bekas layak pakai untuk warga kurang mampu di Gedung Pusat Kajian Islam, Rabu (18/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Keberadaan distro mustahik yang dibuka Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sukabumi di Gedung Pusat Kajian Islam Sukabumi Rabu (18/1/2023) menjadi pusat perhatian warga. Sebab masyarakat yang membutuhkan pakaian layak bisa memperolehnya dengan gratis di tempat tersebut.

Pakaian bekas dari sumbangan warga tersebut dikemas seperti baru dengan dibungkus plastik tersendiri dan disusun rapi di distro mustahik. Sehingga tampak baru dan menarik warga untuk memilihnya.

Baca Juga

Pakaian yang ada tidak hanya untuk wanita melainkan pria juga tersedia. '' Pakaian dari sumbangan warga ini dikemas seperti baru dan layak dipakai,'' ujar Ketua Baznas Kota Sukabumi, Rabu (18/1/2023).

Untuk mendapatkannya tidak perlu syarat khusus, di mana warga yang membutuhkan hanya tinggal datang ke distro mustahik. Miftah menuturkan, pakaian bekas tersebut berasal dari sumbangan warga beberapa waktu lalu. Ia menuturkan bagi warga yang menyumbang tidak ada kriteria khusus.

Namun yang terpenting pakaian tersebut masih layak, tidak sobek dan tidak kucel serta tidak cetian atau banyak bintik hitam. Saat ini lanjut Miftah, yang menyumbang pakaian bekas dari perorangan.

Salah seorang warga Kota Sukabumi, Rahma (34 tahun) mengatakan, keberadaan distro mustahik ini sangat membantu warga kurang mampu yang membutuhkan pakaian layak. ''Alhamdulillah, warga kurang mampu terbantu dan bisa mendapatkan pakaian layak disini,'' kata dia.

Meskipun bekas, namun Rahma menilai pakaian tersebut tampak baru dan sangat layak dipakai. Pakaian bisa digunakan oleh warga yang membutuhkan.

Launching distro mustahik ini dilakukan dalam momen HUT ke-22 Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Penganugerahan Baznas Award yang digelar Baznas Kota Sukabumi di Gedung Pusat Kajian Islam, Rabu (18/1/2023).

photo
Gerai Distro Mustahik yang dibuka Baznas Kota Sukabumi menyediakan secara gratis pakaian bekas layak pakai untuk warga kurang mampu di Gedung Pusat Kajian Islam, Rabu (18/1/2023). - (Republika/Riga Nurul Iman)

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyambut baik adanya distro mustahik ini. ''Warga yang membutuhkan pakaian bisa datang ke distro,'' kata dia.

Menurut Fahmi, inovasi dari Baznas Kota Sukabumi ini sangat bermanfaat bagi warga yang kurang mampu. Istimewanya, pakaian bekas dari sumbangan warga ini dikemas seperti baru.

''Butuh pakaian bekas berkualitas, tinggal pilih dan ambil di distro mustahik Baznas Kota Sukabumi,'' ungkap Fahmi. Nantinya bagi warga yang awalnya mustahik, bisa menjadi muzaki. Sehingga ada peningkatan kesejahteraan warga dengan adanya pemberdayaan.

Di sisi lain, terkait pengumpulan zakat Baznas mencatat sepanjang 2022 terjadi peningkatan.'' Pengumpulan zakat pada 2022 lalu tumbuh sekitar 27 persen,'' ujar Ketua Baznas Kota Sukabumi Miftah Amir. Di mana dari yang awalnya pengumpulan Rp 5,5 miliar menjadi Rp 6,9 miliar dan melebihi target ditetapkan Rp 6,6 miliar.

Namun kata Miftah, capaian ini belum sesuai potensi Rp 46 miliar per tahun. Sehingga ke depan akan terus dimaksimalkan. Salah satunya melalui bimtek dan pembinaan 100 U0Z DKM dan 70 OPD. Selain itu melalui edukasi rutin Baznas atau duta zakat dan pembuatan sistem A Zaki atau aplikasi zakat Kota Sukabumi.

Miftah merinci, perolehan zakat pada 2022 lalu yakni zakat maal Rp 3.326.509.271, zakat fitrah Rp 2.602.362.300, dan infak Rp 991.247.177. Sehingga total pencapaian Rp 6.921.118.748.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement