Kamis 19 Jan 2023 09:12 WIB

Paspampres Ajak Masyarakat Ikut Lari Santai di Sekitar Istana Merdeka

Lari santai untuk menciptakan hubungan masyarakat dan Paspampres agar lebih humanis

Rep: Flori sidebang/ Red: Gita Amanda
 Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengajak masyarakat untuk ikut dalam ajang fun run di sekitar kawasan Istana Merdeka, Jakarta Pusat. (ilustrasi).
Foto: Yulius Satria Wijaya/Antara
Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengajak masyarakat untuk ikut dalam ajang fun run di sekitar kawasan Istana Merdeka, Jakarta Pusat. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengajak masyarakat untuk ikut dalam ajang fun run di sekitar kawasan Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Bakti ke-77 Paspampres.

“Ini bentuk salah satu wujud bakti kita kepada masyarakat, jadi tidak hanya berupa kegiatan-kegiatan militer, tapi kita juga mau melaksanakan kegiatan olah raga,” kata Komandan Paspampres, Marsda Wahyu Hidayat di Jakarta, Rabu (18/1/2023).

Kegiatan yang mengangkat tema 'Setia Waspada Run' ini akan dilaksanakan pada 12 Februari 2023. Wahyu berharap masyarakat bisa melihat Paspampres dari dekat agar stigma serius dan tegang pasukan pengamanan Presiden ini bisa berubah.

Selain itu, sambung dia, kegiatan fun run ini juga diharapkan dapat menyaring bibit-bibit atlet yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh pemerintah. Sehingga masyarakat diminta untuk ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

“Sampai dengan hari ini sudah terdaftar 1.800 kalau tidak salah yang mendaftar. Mudah-mudahan target kita 4.000 (peserta) kalau tidak salah, bisa terlaksana pada hari H-nya,” jelas dia.

Sementara itu, Iye Rohadian selaku perwakilan Running Management menjelaskan, konsep acara ini berniat untuk menghidupkan kembali kegiatan berlari yang rutin dilakukan oleh komunitas pecinta lari. Ia menyebut, nantinya para peserta dapat berlari di kawasan Istana Merdeka.

“Jadi konsep eventnya itu, berlari di Ring 1. Jadi memang sudah lama tidak ada event di Jakarta ini yang berlari di Monas, start-finish di Monas,” ujar Iye Rohadian.

Iye mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan ini pun izin sudah mendapatkan izin dari pihak Pemprov DKI Jakarta. "Jadi, ini berterima kasih kepada Pemerintah Daerah DKI jakarta yang telah memberikan izin secara khusus untuk mempergunakan kawasan Monas dan sekitar di car free day," ujarnya.

Disamping itu, pihak penyelenggara, Ridwan Yudha Prasety menjelaskan, ada dua kategori perlombaan, yaitu lari dengan jarak 10 kilometer dan 5 kilometer.

Peserta rute 10 kilometer akan memulai perlombaan di Silang Barat Daya Monas. Para pelari bakal melewati Jalan MH Thamrin, Sudirman, Bundaran HI, Balaikota DKI hingga kembali ke Monas.

"Yang istimewanya adalah kita melewati nanti Istana Presiden, Istana Negara. Fungsi tujuan acara ini untuk menciptakan hubungan masyarakat dan Paspampres agar lebih humanis," ungkap Ridwan.

Sedangkan untuk rute Fun Run 5 kilometer akan melewati Jalan MH Thamrin, Sudirman, hingga Medan Merdeka Barat. Dari sana, peserta akan putar balik finish silang barat daya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement