Selasa 17 Jan 2023 19:39 WIB

Survei CNN: Duet Airlangga-Moeldoko Miliki Tingkat Keterpilihan Tertinggi

Pengamat menilai konfigurasi pasangan capres-cawapres hingga saat ini masih cair.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (foto kiri) dan KSP Moeldoko (foto kanan).
Foto: Istimewa
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (foto kiri) dan KSP Moeldoko (foto kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Nama Airlangga Hartarto-Moeldoko muncul sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden dengan keterpilihan tertinggi dalam survei Citra Network Nasional (CNN). Direktur Eksekutif Citra Network Nasional (CNN), Muhammad Dandy menuturkan, duet Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga dengan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko itu muncul pada simulasi yang dilakukan lembaganya sejak 27 Desember 2022 hingga 9 Januari 2023.

Dandy mengaku, pihaknya membuat simulasi tokoh bakal capres dengan pasangannya bakal cawapresnya yang diusung empat koalisi. Yakni, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), PDI Perjuangan, Gerindra-PKB, dan Nasdem-PKS-Demokrat.

Baca Juga

"Jika pilpres digelar hari ini, maka pilihan responden kepada pasangan Airlangga Hartarto-Moelldoko 30,2 persen, lalu pasangan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar 22,2 persen, Puan Maharani-Ganjar Pranowo 21,2 persen, Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono 12,6 persen dan tidak memilih sebanyak 13,8 persen," tutur Dandy dalam keterangan, Selasa (17/1/2023).

Sementara itu, CNN juga membuat simulasi pasangan capres-cawapres dengan komposisi Airlangga Hartarto-Ridwan Kamil dipilih sebanyak 27,6 persen. Sedangkan jika Prabowo Subianto-Khofifah Indar Parawansa dipasangkan maka dipilih sebanyak 27,3 persen dan pasangan Ganjar Pranowo-Puan Maharani dipilih sebanyak 23,7 persen. Sedangkan, pasangan Anies Baswedan-Ahmad Heryawan dipilih sebanyak 14,7 persen.

Dandy menambahkan, pihaknya juga membuat simulasi tiga pasang capres-cawapres dari inner circle Jokowi, pasangan tokoh militer-sipil. Dandy mengaku, pasangan Airlangga Hartarto-Meoldoko memiliki tingkat keterpilihan tertinggi sebanyak 36,8 persen, disusul Ganjar Pranowo-Andika Perkasa dengan 30,7 persen, dan Prabowo Subianto-Erick Thohir sebanyak 19,6 persen.

Survei CNN mengunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 2.200 tersebar di 34 Provinsi. Survei ini memiliki margin of error +/- 2,08 dengan level kepercayaan 95 persen.

Pengamat politik dari Fisip Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Heri Herdiwanto mengatakan, hal yang wajar jika Airlangga Hartarto unggul di survei CNN sebagai capres 2024 yang dipilih masyarakat. Namun, ia mengingatkan, konfigurasi pasangan calon hingga saat ini masih sangat cair.  

"Sah-sah saja lembaga survei memberikan hasil kuantitatifnya pada publik tapi harus disadari bahwa konfigurasi pasangan calon sampai saat ini baru spekulasi dan bersifat cair kemudian perlu disadari juga semua cenderung cek ombak, cocokisme, dan belum menunjukkan kepastian, tetapi Airlangga menjadi peluang untuk jadi Capres 2024," kata Heri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement