Rabu 18 Jan 2023 00:45 WIB

Penyakit Ngorok Serang Ternak di Mandailing Natal

Hingga kini ada delapan ternak yang terdata mati akibat diserang penyakit ngorok.

Peternakan sapi (ilustrasi)
Foto: Antara
Peternakan sapi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PANYABUNGAN -- Sedikitnya delapan hewan ternak sapi dan kerbau ditemukan mati di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, dalam beberapa hari terakhir, akibat terserang septicaemia epizootuca (SE) atau penyakit ngorok.

Kepala Dinas Pertanian Mandailing Natal, Siar Nasution di Panyabungan, Selasa (17/1/2023), mengatakan, kasus terindikasi (suspek) penyakit ngorok pada sapi dan kerbau itu pertama kali ditemukan di Desa Batang Gadis Jae dan Desa Batang Gadis Julu, Kecamatan Panyabungan Barat.

Baca Juga

"Hingga saat ini sudah ada delapan ternak yang terdata mati akibat diserang penyakit ngorok," ujar Siar.

Ia mengatakan, kasus kematian ternak akibat virus itu di Mandailing Natal pertama kali ditemukan di Desa Batang Gadis pada Selasa (10/1) setelah ada laporan dari peternak bahwa dua ekor ternak kerbaunya mati.Ternak Kerbau yang mati terdiri dari dua kerbau indukan berumur2-3 tahun.

Dari peternak diperoleh informasi bahwa sebelum mati, ternaknya menunjukkan gejala hipersalivasi, keluar ingus, kaki belakang lumpuh, dan terdengar suara ngorok. Kemudian, pada 13 Januari, warga kembali melaporkan kematian dua ekor kerbau indukan dan anakan umur dua bulan yang diketahui juga berasal dari daerah Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara.

Menindaklanjuti laporan tersebut, petugas tim dari Bidang Peternakan Dinas Pertanian turun langsung ke lapangan untuk mendapatkan informasi kejadian penyakit dari peternak dan selanjutnya melakukan pengobatan berupa pemberian antibiotik, vitamin, dan antiradang dan penyemprotan disinfektan.

"Disekitar kandang tim juga telah mengambil sampel. Sampel tersebut juga telah dikirim ke Dinas Perkebunan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Utara. Dan saat ini sedang menunggu hasil ujilaboratoriumnya," ungkap Siar.

Siar juga mengimbau peternak sapi dan kerbau di kabupaten itu jika menemukan ternak dengan gejala penyakit ngorok agar secepatnya melapor ke Dinas Pertanian Mandailing Natal."Kami berharap para peternak jika menemukan ternak dengan gejala tersebut agar melaporkan secepatnya kepada petugasdil apangan agar kami bisa melakukan pengobatan," ujarnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement