Selasa 17 Jan 2023 15:39 WIB

BKKBN Sulsel Jemput Bola Genjot Capaian Peserta KB

Sosialisasi kie dan pelayanan KB gratis terus digalakkan BKKBN.

Ilustrasi kegiatan BKKBN.
Foto: istimewa
Ilustrasi kegiatan BKKBN.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan jemput bola untuk menggenjot capaian peserta KB di lapangan.

"Kami terus berupaya mendekatkan pelayanan KB kepada masyarakat termasuk mencapai target program KB khususnya bagi peserta baru dan beserta aktif," kata Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel Hj Andi Ritamariani di Makassar, kemarin.

Dia mengatakan, salah satu upaya tersebut petugas pelayanan KB langsung ke lapangan misalnya pada saat kegiatan "car free day" atau kunjungan langsung ke rumah-rumah yang memiliki pasangan usia subur (PUS).

Selain itu lanjut dia, pihaknya juga senantiasa menggelar kegiatan sosialisasi kie dan pelayanan KB gratis program bangga kencana menyasar masyarakat yang menikmati hari bebas kendaraan atau lebih dikenal sebagai kegiatan car free day.

 

Untuk menjangkau sasaran di lapangan pihak BKKBN menggandeng forum generasi berencana dalam kurung genre untuk memperkenalkan aplikasi Elsimil electronic siap nikah dan hamil bagi pasangan yang berencana untuk menikah.

Lewat aplikasi LC mail ini para remaja akan mendapatkan informasi dan edukasi seputar kesehatan reproduksi kesiapan nikah kesiapan hamil dan juga setelah hamil.

Termasuk sosialisasi tentang penggunaan kontrasepsi sebagai upaya pencegahan stunting dari hulu.

"Khusus di desa-desa para kader dan mitra berkerja samau untuk menjangkau kelompok sasaran sangatlah penting," ujarnya.

Pihak BKKBN juga aktif melakukan edukasi dan informasi kepada ratusan ibu hamil untuk memberikan informasi terkait pentingnya status gizi bagi anak dan ibu dalam 1000 hari pertama kelahiran.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement