Ahad 15 Jan 2023 15:53 WIB

Bunda PAUD Babel Dorong Gerakan Senyum Sehat

Guru PAUD harus menyiapkan cermin untuk membantu anak membersihkan gigi.

Ilustrasi anak-anak PAUD.
Foto: istimewa
Ilustrasi anak-anak PAUD.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong seluruh sekolah dan lembaga PAUD di daerah itu melaksanakan gerakan senyum sehat untuk menanamkan kebiasaan membersihkan gigi sejak usia dini.

"Kebiasan untuk membersihkan gigi ini penting dan perlu ditanamkan sejak dini, sekolah-sekolah dan lembaga PAUD bisa menjadi pelopor, kami juga berharap masyarakat mendukung dengan menjalankan program ini di tingkat keluarga," kata Bunda PAUD Provinsi Babel Sri Utami Soedarsono di Pangkalpinang, Ahad (15/1/2023).

Untuk menunjang gerakan senyum sehat di tingkat sekolah dan lembaga PAUD, dia berharap para pengelola dan guru menyiapkan cermin yang dipasang dekat pintu masuk kelas sehingga anak-anak bisa memantau kebersihan gigi di sekolah.

Selain itu, setiap sekolah juga perlu membiasakan gosok gigi bersama-sama secara berkala, misalnya pada saat hari Jumat atau hari-hari tertentu lain yang diiringi dengan pemberian berbagai informasi terkait pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi.

"Berbagai kebiasaan baik yang dimulai dari usia dini akan bisa terus berlanjut di masa mendatang, mari bersama-sama menyiapkan generasi yang cerdas dan sehat," ujarnya.

Ia mengatakan, bulan depan pihaknya akan mendapatkan sumbangan mobil gigi keliling yang secara preventif bertujuan untuk membangun kesadaran akan kesehatan gigi di masyarakat.

"Insya Allah pada bulan Februari 2023 kami akan mendapatkan mobil gigi keliling sumbangan dari beberapa pihak. Mobil ini tidak menyediakan layanan medis seperti pencabutan, scaling dan sebagainya, tapi lebih bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan gigi secara preventif," katanya.

Dalam upaya meningkatkan pemahaman sekaligus membangun kebiasaan menjaga kesehatan gigi sejak usia dini, beberapa hari lalu Bunda PAUD Babel juga telah menyerahkan ribuan eksemplar buku yang ditulisnya sendiri, dengan judul Senyum Sehat Anak Babel.

"Kita sudah serahkan sebanyak 6.000 eksemplar yang terdiri dari dua judul buku, yaitu Menu Makanan Berbahan Ikan dan Senyum Sehat Anak Babel. Ini kita sebarkan di seluruh lembaga pendidikan anak usia dini di daerah ini," kata Sri Utami Soedarsono.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement