Sabtu 14 Jan 2023 11:21 WIB

Isi Jumat Berkah di Pekalongan, Saga Ajak Masyarakat Bersih-Bersih Pantai Sari

Pantai Sari ini memang menjadi destinasi wisata favorit di Kota Pekalongan.

Kegiatan bersih-bersih Pantai Sari di Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat (13/1/2023).
Foto: Dok. Web
Kegiatan bersih-bersih Pantai Sari di Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat (13/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PEKALONGAN -- Sahabat Ganjar (Saga) menggelar rangkaian kegiatan untuk menjalankan kegiatan sunnah dihari yang baik, Jumat (13/1/2023). Adapun kegiatan tersebut meliputi melangsungkan bersih-bersih paantai di kawasan Pekalongan sampai membagikan bubur kacang hijau di Demak, Jawa Tengah.

Pada kegiatannya di Kota Pekalongan, ratusan masyarakat yang mayoritas generasi milenial ini berkumpul dikawasan Pantai Sari yang berada di Kota Pekalongan.

Baca Juga

Sebagai destinasi wisata, tentunya akhir pekan serta libur nasional menjadi momen keramaian pantai yang berada di Kecamatan Pekalongan Utara tersebut.

Ketua DPC Kota Pekalongan Sihman mengatakan, selain menjaga lingkungan, banyak sekali manfaat yang didapat apabila pantai terbebas dari sampa-sampah yang berserakan. "Jika lingkungan kita bersih contohnya pantai ini, bisa meminimalisir potensi banjir di Kota Pekalongan ini," ucap Sihman.

 Selain menjalankan unnah dengan berbagi kepada sesama, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk menyosialisasikan Ganjar Pranowo yang digadang-gadang sebagai calon kuat untuk maju pada Pilpres 2024 mendatang.

Pantai Sari ini memang menjadi destinasi wisata favorit di Kota Pekalongan. Sihman menambahkan harapannya, dengan kegiatan ini seluruh masyarakat yang sedang berlibur bisa sadar akan menjaga kebersihan lingkungan.

"Harapannya tentu, membuang sampah ditempat yang sudah kita sediakan, tidak sembarangan lagi," ujar Sihman.

Selain bersih-bersih pantai, Kabupaten Demak juga menggelar kegiatan berupa berbagi bubur kacang hijau kepada masyarakat di Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak.

Ketua DPC Demak, Siti Musthofiyah membeberkan alasan dipilihnya berbagi bubur kacang hijau kepada masyarakat.

"Karena selain makanan yang sehat juga banyak yang menyukai bubur kacang hijau selain itu juga banyak nutrisinya," kata Siti.

Siti juga menyebutkan, semua dapat bubur kacang hijau, tidak memandang kalangan-kalangan tertentu. 

"Untuk semua kalangan tanpa memandang usia, anak-anak, remaja maupun dewasa , pengguna jalan di depan lokasi kegiatan, sebagai hidangan Jumat berkah," kata Siti. 

Sebelumnya pada Kamis 12 Januari 2022. Relawan Ganjar ini menggelar rangkaian kegiatan di Kabupaten Batang serta Kabupaten Rembang Jawa Tengah.

Adapun kegiatan yang dilangsungkan antara lain, pembuatan bak sampah dan membersihkan lingkungan yang berlangsung di di Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang serta sosialisasi hidup sehat dan cek kesehatan di Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang.

Dengan kegiatan di kawasan Jawa Tengah tersebut, besar harapan suara dukungan masyarakat untuk gubernur mereka semakin kuat untuk menghantarkan menjadi Presiden Indonesia selanjutnya.

Terkait Pilpres, hasil survei terbaru yang dilakukan Voxpopuli Research Center mengungkapkan elektabilitas Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih menempati posisi tiga teratas.  

"Kilas balik setahun terakhir posisi tiga besar dalam bursa capres makin kokoh ditempati Ganjar, Prabowo, dan Anies," kata Direktur Komunikasi Voxpopuli Research Center Achmad Subadja seperti dilansir dari Antara, Sabtu (14/1/2023).

Temuan survei Voxpopuli Research Center menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo mencapai 23,8 persen diikuti Prabowo Subianto sebesar 20,2 persen. Sementara, eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan meraih elektabilitas 18,7 persen.

Menurut Achmad, tren kenaikan elektabilitas Ganjar sudah terjadi sejak awal pandemi Covid-19 atau pada pertengahan 2020.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement