Jumat 13 Jan 2023 23:32 WIB

Wali Kota Solo Optimistis Konser Deep Purple Beri Multiplier Effect

Deep Purple hanya akan menggelar konser Asia di Indonesia dan Jepang.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi konser. Band kenamaan asal Inggris Deep Purple bakal menggelar salah satu world tour konser di Edutorium UMS, Kota Solo, pada 10 Maret 2023.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi konser. Band kenamaan asal Inggris Deep Purple bakal menggelar salah satu world tour konser di Edutorium UMS, Kota Solo, pada 10 Maret 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Band kenamaan asal Inggris Deep Purple bakal menggelar salah satu world tour konser di Edutorium UMS, Kota Solo, pada 10 Maret 2023. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka optimistis konser ini akan memberikan efek domino pada daerah tersebut.

Menurutnya dengan kembali digelarnya konser dengan skala band internasional akan berdampak positif pada Pendapatan Asli Daerah (PAD). "Yang jelas kami ingin event ini lancar, mendatangkan pemasukan yang baik untuk PAD kami," ungkapnya, Jumat (13/1/2023).

Baca Juga

Adanya konser internasional juga mendatangkan banyak dampak positif bagi seluruh elemen yang terlibat (multiplier effect). "Kami melihat multiplier effectnya ya. UMKM dan semua yang terlibat di event ini. Yang jelas kota solo ini kan terus genjot event seperti ini. Jadi bukan hanya orang Kota Solo saja yang menikmati ini, tapi luar Solo juga," terangnya. 

Selain itu Gibran mengatakan bahwa Kota Solo tidak hanya akan menjadi kota konser tetapi juga kota rekaman sejalan dengan revitalisasi Lokananta pada April 2023. 

"Iya sejalan dengan dengan revitalisasi Lokananta nggak hanya kota konser tapi kota untuk rekaman. Lokananta nanti April jadi, ujarnya.

Sementara itu, pihak promotor Rajawali Indonesia Anas Syahrul Alimi mengatakan konser Deep Purple adalah bagian dari music tourism atau wisata musik. Pasalnya, selain menikmati konser tentunya mereka akan berkunjung destinasi wisata yang ada di Solo . 

Anas juga mengatakan konser tersebut juga bisa mendongkrak jumlah wisatawan yang ada, tidak hanya lokal namun juga mancanegara. Di Asia, Deep Purple hanya akan konser di Solo, Indonesia, dan Jepang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement