Kamis 12 Jan 2023 03:31 WIB

Mal Sepi Makin Banyak, Pemprov DKI Coba Solusi Ini

Kebutuhan setiap orang untuk mengunjungi mal saat ini sudah berbeda.

Suasana kios-kios pertokoan yang tutup dan sepi pengunjung di Mal Blok M, Jakarta, Rabu (7/12/2022). Mal yang terletak di bawah Terminal Blok M itu sempat menjadi tujuan pusat berbelanja warga Jakarta di era tahun 1990-an, namun kini menjadi sepi pengunjung karena banyak warga yang lebih memilih berkunjung ke pusat perbelanjaan yang lebih modern serta beralihnya perilaku masyarakat dalam berbelanja yang kini menggunakan sistem online (daring).
Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Suasana kios-kios pertokoan yang tutup dan sepi pengunjung di Mal Blok M, Jakarta, Rabu (7/12/2022). Mal yang terletak di bawah Terminal Blok M itu sempat menjadi tujuan pusat berbelanja warga Jakarta di era tahun 1990-an, namun kini menjadi sepi pengunjung karena banyak warga yang lebih memilih berkunjung ke pusat perbelanjaan yang lebih modern serta beralihnya perilaku masyarakat dalam berbelanja yang kini menggunakan sistem online (daring).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Selatan menggandeng komunitas di bawah naungannya untuk ikut meramaikan sejumlah mal di wilayahnya yang sepi pengunjung.

"Kami punya lima dari 17 sub sektor ekonomi kreatif yang bisa meramaikan mall yakni fesyen, kuliner, musik, seni pertunjukan, dan seni rupa," kata Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Selatan Rus Suharto saat dihubungi.

Baca Juga

Rus menjelaskan dengan menggandeng sejumlah komunitas diharapkan pusat perbelanjaan yang selama ini sepi pengunjung bisa menyediakan fasilitas secara gratis.

Terlebih, Suku Dinas Parekraf Jaksel juga mampu mempromosikan desa wisata yang ada di Jakarta Selatan dengan menjualpaket berkonsep budaya atau hiburan. "Desa wisata yang kami rekomendasikan yakni Pusat Budaya Betawi Setu Babakan, Kedung Gede di Lenteng Agung, dan Kampung Silat Pesanggrahan," tambahnya.

Harapan Rus, dengan mengenalkan desa wisata yang ada di Jakarta Selatan mampu mempercepat pemulihan ekonomi warga setelah pandemi.

"Beberapa paket ini bisa terbagi setengah hingga dua hari dengan para wisatawan mencoba kuliner, budaya, edukasi hingga permainan adat Betawi," sambungnya.

Ditambahkan pula, nantinya paket wisata ini juga membagikan hadiah semenarik mungkin bagi pengunjung mal atau pusat perbelanjaan.

Hubungan masyarakat dan manajemen reputasi perusahaan Lippo Malls Indonesia, Nidia N. Ichsan mengatakan salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan yakni Plaza Semanggi akan melakukan renovasi untuk menarik kembali minat pengunjung. "Memang saat ini kondisinya sepi karena akan segera direnovasi dan kebutuhan setiap orang mengunjungi mal sudah berbeda," ucap Nidia.

Kendati demikian, pihaknya menegaskan terus memberikan fasilitas gratis kepada komunitas yang ingin menggelar acara di seluruh pusat perbelanjaan Lippo Malls Indonesia.

"Terakhir kami melaksanakan Ecoprint Fashion Week 2022 yang diresmikan oleh Istri mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta sekaligus Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional DKI Jakarta (Dekranasda) Ellisa Sumarlin," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement