Ahad 08 Jan 2023 20:04 WIB

Pengamat: Erick Thohir Populer dan Bisa Kerja Sehingga Didukung Banyak Masyarakat

Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai cawapres potensial di Pilpres 2024.

Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai sosok potensial menjadi cawapres.
Foto: ANTARA/Yudi
Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai sosok potensial menjadi cawapres.

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak Didukung Masyarakat, Pengamat: Erick Thohir Populer dan Bisa Kerja

JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai cawapres potensial di Pilpres 2024. Selama tiga tahun di pemerintahan, orang nomor satu di Kementerian BUMN menerima banyak dukungan dari masyarakat. Menurut pengamat politik Yuari Prayanto atau Mazdjo Praymenyatakan Erick Thohir tidak hanya populer di masyarakat tetapi terbukti bisa bekerja di pemerintahan.

“Erick Thohir tidak hanya populer tapi bisa kerja. Banyak sosok di luar sana yang populer tapi tidak bisa apa-apa sebenarnya,” terang Mazdjo Pray, Ahad (8/1/2023).

Ia menjelaskan Erick Thohir bahkan sudah terlihat bisa menerima penugasan berat dan strategis sebelum terlibat di pemerintahan pusat. Pada 2018, kata Mazdjo, mantan presiden Inter Milan ini berhasil mengharumkan nama negara di pentas dunia dengan menyukseskan ajang Asian Games.

Setelah itu, Erick Thohir kembali menerima penugasan strategis langsung dari Presiden Jokowi sebagai Ketua TKN Jokowi–Ma’ruf Amin 2019. "Sebagai Ketua TKN ia berhasil mengantarkan Presiden Jokowi untuk memimpin di periode ke-dua," kata dia.

Keberhasilan Erick Thohir kemudian diganjar posisi sebagai Menteri BUMN. Di Kementerian BUMN Erick Thohir lebih banyak menerima penugasan strategis dari Presiden Jokowi. Di antaranya adalah sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN). "Erick Thohir berhasil mendatangkan jutaan vaksin dan mengantarkan Indonesia sebagai negara jajaran atas dalam penanggulangan Covid-19," ucap dia.

Keberhasilan Erick Thohir tidak berhenti sampai di sana. Ia juga berhasil menyelamatkan dunia sepak bola Tanah Air dari sanksi FIFA atas tragedi Kanjuruhan. Erick sukses melobi FIFA agar tidak menjatuhkan sanksi namun justru melakukan transformasi perbaikan sepak bola Indonesia. Terbaru, Erick Thohir bahkan berhasil merealisasikan penurunan harga BBM non subsidi yang bisa meringankan beban masyarakat di seluruh Indonesia.

Karena itu Mazdjo Pray tak ragu menilai Erick Thohir sebagai pemimpin muda potensial untuk menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya. “Pantas Pak Jokowi memberi gelar Erick Thohir sebagai menteri kesayangannya. Erick Thohir memiliki keunggulan dibandikan dengan sosok lain di pemerintahan pusat,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement