Selasa 03 Jan 2023 20:42 WIB

Belasan Warga Nagan Raya Aceh Diserang Penyakit Kaki Gajah Stadium 5

Penyakit kaki gajah terjadi akibat pembengkakan tungkai akibat infeksi cacing Filaria

Penyakit Kaki Gajah
Foto: .
Penyakit Kaki Gajah

REPUBLIKA.CO.ID, NAGAN RAYA -- Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh mencatat sebanyak 16 orang warga di daerah tersebut terserang Penyakit Kaki Gajah (Filariasis) stadium lima. "Sebanyak 16 warga yang mengalami penyakit kaki gajah stadium lima ini artinya sudah memasuki fase infeksi sekunder," kata Kepala Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Fatwa Hidayat, Selasa (3/1/2023).

Ia menjelaskan, ada pun sebaran kasus Penyakit Kaki Gajah di Kabupaten Nagan Raya di antaranya di Kecamatan Seunagan, Kuala, Kuala Pesisir, Tripa Makmur, Darul Makmur, serta Kecamatan Tadu Raya. Penyakit Kaki Gajah (Filariasis) terjadi akibat pembengkakan tungkai akibat infeksi cacing jenis Filaria, dan cacing ini menyerang pembuluh getah bening dan ditularkan melalui gigitan nyamuk.

Baca Juga

Cacing jenis tersebut juga dapat menular antarmanusia melalui gigitan nyamuk. Pembengkakan kasus kaki gajah juga dapat terjadi di bagian tubuh manusia yang lain di antaranya seperti di bagian lengan, kelamin, serta bagian dada.

Fatwa Hidayat juga menjelaskan penanganan terhadap kasus tersebut selama ini berada di dalam pemantauan petugas medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh. "Semua kasus selalu di pantau dan sudah dilakukan edukasi terhadap penderita, seperti bagaimana cara merawat luka (self care) secara mandiri," katanya menambahkan.

Selain itu, petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya, Aceh juga sudah melakukan pemeriksaan darah 600 penduduk di Kecamatan Tripa Makmur dan Kuala Pesisir.

Hal ini bertujuan untuk melakukan deteksi dini atau penemuan cepat kasus penyakit kaki gajah di daerah tersebut, dan hasil pemeriksaannya kemudian diketahui negatif. Selain melakukan pemeriksaan darah, kata Fatwa, pemerintah daerah juga telah memberikan obat pencegahan massal (POPM) dengan melibatkan lintas sektor di daerah itu.

"Saat ini kita sudah masuk fase penilaian tas (tranmission assement survey)dari Kemenkes yang akan kita lakukan di tahun 2023 ini, di mana sasarannya adalah anak dan bila lulus survei, maka akan masuk ke tahap eliminasi," ujar Fatwa Hidayat.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement