Senin 02 Jan 2023 21:42 WIB

BMKG: 71 Gempa Susulan Landa Jayapura

Jayapura merupakan wilayah dengan potensi kejadian gempa bumi tinggi.

Gempa bumi (ilustrasi)
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- BMKG V Jayapura menyatakan hingga pukul 17.00 WIT terjadi 71 kali gempa susulan sejak terjadinya gempa berkekuatan 4,9 magnitudo yang terjadi pukul 03.24 WIT. Kepala Balai Besar MKG Wilayah V Yustus Rumaikek, Senin (2/1/2023) di Jayapura menjelaskandari 71 kali gempa susulan tercatat delapan kali gempa yang dirasakan masyarakat dan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Jayapura merupakan wilayah dengan potensi kejadian gempa bumi tinggi akibat adanya subduksi utara Papua dan patahan aktif yang melintasi wilayah Jayapura sebagai sumber gempa. Gempa bumi dapat terjadi kapan saja dengan berbagai variasi kekuatan dan hingga saatini belum ada teknologi yang mampu untuk memprediksi kapan akan terjadi gempabumi.

Baca Juga

Dari evaluasi kejadian gempa bumi susulan per 3 jam, pola kejadian gempa bumi susulan cenderung mengalami penurunan frekuensi terjadinya.Masyarakat dihimbau tidak perlu takut dengan banyaknya gempa susulan karena terjadinya gempa susulan adalah proses untuk mencapai titik keseimbangan barupasca terjadinya gempa bumi dan lazim terjadi pada gempa-gempa besar.

"Jangan terpancing dengan informasi atau berita palsu dan diharapkan mengikuti kanal resmi BMKG melalui aplikasi InfoBMKG, kanal sosial media BMKG yang terverifikasi, dan website resmi BMKG www.bmkg.go.id untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas," harap Yustus Rumaikek.

Gempa berkekuatan 4,9 magnitudo itu terletak di 2.58 LS-140.67 BT atau 13 KM Timur Laut Kota Jayapura, dengan kedalaman sekitar 10 KM dan dirasakan IV MMI.

Manager Puskodalops BPBD Papua Jonathan Koirewoa secara terpisah mengatakan, laporan yang diterima dari BPBD Kota Jayapura terungkap dampak gempa berkekuatan 4,9SR menyebabkan sejumlah bangunan yang merupakan fasilitas umum mengalami kerusakan. Adapun bangunan yang mengalami kerusakan yaitu Hotel Swiss Bell dilaporkan ada bagian yang runtuh, Hotel Horizon Kota Jayapura sebagian ubin lantai rusak,RS Provita Jayapura kaca lift dinding runtuh.

Selain itu pusat perbelanjaan Mall Jayapura dilaporkan sebagian dinding retak dan Hotel Sunny Abepura dilaporkan dinding retak dan kaca pecah di lantai satu."Belum ada korban jiwa yang dilaporkan dan kami masih menunggu laporan lanjutan dari BPBD Kota dan Kabupaten Jayapura, " jelas Jonathan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement