Jumat 30 Dec 2022 17:40 WIB

Ridwan Kamil: Ulama Bisa Mulai Ajukan Jadwal Kajian ke Masjid Al Jabbar

Gubernur Jabar Ridwan Kamil minta ulama mulai ajukan kajian ke Masjid Al Jabbar.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Bilal Ramadhan
Umat muslim melaksanakan Shalat Jumat di Masjid Raya Al Jabbar, Gedebage, Kota Bandung, Jumat (30/12/2022). Gubernur Jabar Ridwan Kamil minta ulama mulai ajukan kajian ke Masjid Al Jabbar.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Umat muslim melaksanakan Shalat Jumat di Masjid Raya Al Jabbar, Gedebage, Kota Bandung, Jumat (30/12/2022). Gubernur Jabar Ridwan Kamil minta ulama mulai ajukan kajian ke Masjid Al Jabbar.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Masjid Provinsi Jabar, Al Jabbar , telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Jumat (29/12). Ridwan Kamil mengatakan, ia menitipkan Al Jabbar pada ulama agar mengisi dengan berbagai kegiatan.

"Saya titip kepada para ulama silakan mulai tag jadwal kajian. Tempat ini bagus. Misalnya, saya ingin minggu pertama tiap bulan hari jumat jam 4 kajian silakan, atau ada yang ingin ngetag hari Ahad ba'da isya di tempat ini kajian silakan ajukan," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Baca Juga

Emil mengatakan, susunan DKM sudah dirancang seadil-adilnya ketua DKM nya adalah Gubernur Jawa, ketua hariannya Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, pengurusnya mewakili semua ormas Islam di Jawa Barat dan mewakili semua ulama aktivis Masjid dari rekomendasi 27 kota Kabupaten se Jabar.

"Jadi semua Insya Allah terwakili dengan seadil-adilnya," katanya.

Emil menceritakan pembangunan masjid Al Jabbar berawal pada 2016 lalu saat dirinya masih menjabat Wali Kota Bandung. Saat itu, dirinya memberikan usulan kepada Gubernur kala itu Ahmad Heryawan agar Jawa Barat memiliki masjid raya sendiri.

"Ternyata selama ini kan Pemprov Jawa Barat "nebeng" ke Masjid Agung Bandung makanya namanya diubah menjadi Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat," katanya.

Usulan itu pun, kata dia, disambut positif Ahmad Heryawan yang kelak masjid tersebut didesain langsung oleh Ridwan Kamil yang punya latar belakang arsitek.

Menurutnya, lokasi masjid di Gedebage pun diusulkan sendiri oleh dirinya. Emil, menghibahkan desain masjid tersebut kepada Pemprov Jawa Barat.

"Itu kalimat saya ke Pak Aher pada 2016 lalu, saya bilang provinsi bikin saja sendiri nanti saya hibahkan desainnya dan lokasinya saya usulkan di Gedebage," katanya.

Konsep dari bangunan Masjid Al Jabbar sendiri, kata dia, berasal dari rumus matematika yang identik dengan rumus aljabar. Ini terlihat dari ornamen rumit namun indah. Ilmuan matematika dunia juga bernama Aljabar.

Al Jabbar juga, kata dia, merupakan salah satu nama dari asmaul husna yang dituliskan di bagian mihrab masjid. Selain itu, Al Jabbar juga nama asmaul husna yang kita tuliskan di mihrab yang artinya agung.

"Kebetulan juga Al Jabbar bisa jadi singkatan Jawa Barat, jadi sudah takdirnya namanya berjodoh," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement