Selasa 27 Dec 2022 20:11 WIB

Imigrasi Mencatat 31.745 WNA Masuk Batam Saat Akhir Pekan

Warga Singapura mendominasi WNA yang masuk Batam.

Sejumah wisatawan asing asal Singapura berada didalam bus pariwisata saat tiba di Pelabuhan Ferry Internasional Nongsapura, Batam, Kepulauan Riau (ilustrasi).
Foto: Antara/Bagjana
Sejumah wisatawan asing asal Singapura berada didalam bus pariwisata saat tiba di Pelabuhan Ferry Internasional Nongsapura, Batam, Kepulauan Riau (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Batam mencatat jumlah Warga Negara Asing (WNA) masuk ke Batam mencapai 31.745 orang dari tanggal 23 hingga 25 Desember 2022. "Menjelang perayaan Natal tanggal 23 hingga Natal tanggal 25 Desember kemarin, jumlah orang yang masuk melalui pelabuhan internasional di Batam itu mencapai 31.745 orang," ujar Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Imigrasi Kelas I Batam Tessa Harumdilla di Batam Kepulauani Riau, Selasa (27/12/2022).

Tessa menjelaskan, ramainya orang yang masuk ke Indonesia melalui Batam itu terjadi pada hari Sabtu (24/12/2022) dimana jumlah orang yang datang mencapai 14.335 orang, sedangkan pada Jumat (23/12/2022) hanya sebanyak 9.457 orang. "Pada hari Minggu (25/12), yang datang lebih sedikit. Hanya sebanyak 7.953 orang saja," ucapnya.

Baca Juga

Orang-orang yang masuk itu kata Tessa, didominasi oleh orang kewarganegaraan Singapura dan selebihnya ada yang dari Malaysia dan negara lainnya. Jumlah tersebut kata Tessa, didapat dari empat pelabuhan internasional yang ada di Batam, yaitu Pelabuhan Feri Internasional Batam Center, Pelabuhan Harbour Bay, Pelabuhan Nongsa Fery dan Pelabuhan Marina.

"Kalau dari data kami itu yang mendominasi memang warga Singapura," kata dia.

Sedangkan yang berangkat ke luar negeri melalui Batam kata dia, ada sebanyak 20.774 orang yang tercatat oleh imigrasi dari tanggal 23 hingga 25 Desember 2022. Pada kesempatan terpisah Manager Operasional Pelabuhan Feri Internasional Batam Center Rizan Nika Astaga mengatakan, arus penumpang di Pelabuhan Feri Internasional Batam Center membludak, Senin (26/12/2022). Kepadatan penumpang didominasi untuk penumpang yang berangkat, dibanding yang datang.

Menurutnya, kemarin itu adalah puncak arus balik penumpang usai menghabiskan libur di Batam. Untuk total jumlah penumpang yang berangkat yakni 11.112 orang.

"Untuk total yang berangkat, hari ini cukup padat, lebih dari 11 ribu. Untuk yang datang, data belum kami dapat. Namun jumlah penumpang lebih padat di keberangkatan," kata Nika.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement