Selasa 27 Dec 2022 11:43 WIB

Faldo: Tak Jadi Masalah Reshuffle Dilakukan Kapan Saja

Faldo berpendapat rakyat percaya dengan langkah yang akan diambil oleh Jokowi.

Rep: Dessy Suciati Saputri / Red: Ratna Puspita
Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Stafsus Mensesneg) Faldo Maldini
Foto: ANTARA/Prasetyo Utomo
Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Stafsus Mensesneg) Faldo Maldini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Stafsus Mensesneg) Faldo Maldini mengatakan, reshuffle kabinet yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak akan menjadi persoalan. Menurut dia, perombakan kabinet tersebut bisa dilakukan kapan saja.

Ia berpendapat rakyat percaya dengan langkah yang akan diambil oleh presiden. “Jadi, soal reshuffle bagaimana? Tidak ada persoalan. Presiden mau reshuffle detik ini atau tidak, sangat mungkin. Rakyat percaya langkah yang beliau ambil,” ujar Faldo, Selasa (27/12/2022).

Baca Juga

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan sejumlah lembaga, kinerja pemerintahan Jokowi pun dinilai memuaskan oleh masyarakat. Masyarakat dinilai juga telah merasakan kerja dari pemerintahan Jokowi.

Menurut dia, periode kedua pemerintahannya ini pun sangat memuaskan bagi Jokowi. Karena itu, ia mengatakan, tak masalah jika reshuffle akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Ibarat orang dagang, lagi untung banyak, jadi bebas mau ambil pilihan beresiko tinggi atau rendah. Besok mau reshuffle juga tidak ada soal, mau jelang habis juga tidak ada masalah,” kata dia.

Faldo juga menilai semua anggota kabinet telah bekerja dengan optimal. Namun, ia mengatakan, jika ada yang tak lagi seirama dengan Presiden Jokowi, hukuman terberat akan datang dari rakyat.

“Kalau ada yang tidak seirama lagi dengan Presiden, hukuman paling berat itu datang dari rakyat. Tentunya, tidak ada yang berani berhadap-hadapan dengan pemimpin yang dicintai rakyat, kecuali mau ditinggalkan rakyat,” ujar Faldo.

Sebelumnya, Jokowi memberikan isyaratnya untuk melakukan reshuffle kabinet setelah meresmikan pengembangan Stasiun Manggarai Tahap I pada Senin (26/12/2022) kemarin. Saat ditanya soal rencana reshuffle, ia memberikan respons dengan menganggukan kepalanya.

Ketika ditanyakan apakah reshuffle nantinya akan dilakukan terhadap Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Menteri LHK Siti Nurbaya, Jokowi hanya tertawa mendengar pertanyaan itu. Ketika ditanya soal kisi-kisi reshuffle, Jokowi menjawab sambil memberikan isyarat ‘oke’ dengan kedua tangannya. “Clue-nya.. Ya udah,” kata Jokowi sambil menggerakkan kedua tangannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement