Senin 26 Dec 2022 14:17 WIB

TNI AU Awasi Penumpang Bandara Husein Bandung Jelang Tahun Baru 2023

Pengerahan personel untuk pemeriksaan itu sudah dilakukan sejak sebelum Natal 2022

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Penumpang pesawat berjalan keluar setibanya di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung. Ilustrasi.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Penumpang pesawat berjalan keluar setibanya di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Personel Pangkalan Udara TNI AU Husein Sastranegara mengawasi penumpang yang menggunakan pesawat terbang di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, menjelang Tahun Baru 2023. Hal itu dilakukan guna memastikan kenyamanan penumpang.

Komandan Pangkalan Udara TNI AU Husein Sastranegara Kolonel Pnb I Gusti Putu Setia Darma, mengatakan, pengawasan itu dilakukan dengan cara memeriksa secara acak kepada para penumpang. "Untuk personelnya di bandara ada sekitar 20 personel, dan di sekitar bandara ada 20-30 personel," kata dia di Bandung, Senin (26/12/2022).

Baca Juga

Meskipun ada pemeriksaan, Putu Setia memastikan para calon penumpang tidak akan terganggu dan terhambat saat hendak menggunakan jasa penerbangan. Menurut dia, pengerahan personel untuk pemeriksaan itu sudah dilakukan sejak sebelum Natal 2022. Selain di kawasan bandara, personel TNI AU juga turut menjaga di gereja sekitar bandara.

Selain penjagaan oleh personel, dua anjing pelacak juga dikerahkan untuk kegiatan pengawasan dan pemeriksaan itu. Adapun pada sepekan menjelang Tahun Baru 2023, terjadi 30 peningkatan jumlah pengguna jasa penerbangan di sana.

"Rata-rata karena di sini tujuan favorit Medan dan Bali, ke Medan pulang kampung, ke Bali ini jalan-jalan, ini karena bertepatan liburan sekolah jadi pada pulang juga," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement