Senin 26 Dec 2022 13:39 WIB

Trafik Kargo di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Meningkat

Jumlah kargo saat ini naik sekitar 7,5 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Bandara Sultan Hasanuddin.
Foto: Ist
Bandara Sultan Hasanuddin.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Trafik kargo di Bandara internasional Sultan Hasanuddin Makassar mengalami peningkatan menjelang Hari Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. "Jumlah kargo saat ini naik sekitar 7,5 persen dibandingkan dengan tahun lalu dengan data kargo sebanyak 313.329 kg," kata Co-General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Amiruddin Florensius di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (26/12/2022).

Dia mengatakan peningkatan kargo itu mulai terjadi pada 22 Desember 2022 atau H-3 Natal 2022 yaitu 337.099 kg dengan rincian 179.764 kg kargo datang dan 157.135 kg kargo berangkat. Menurut dia, umumnya kargo itu pesanan perusahaan dan rumah tangga. Sementara untuk mengantisipasi adanya barang kargo yang dapat membahayakan angkutan udara atau penumpang dilakukan pengetata pemeriksaan.

Baca Juga

"Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di lapangan, karena itu kami bekerja sama dengan pihak keamanan dan pengelola kargo," katanya.

Hal itu dibenarkan salah seorang pengelola kargo IREX, Yulia. Menurut dia, semua barang baik yang akan dikirim maupun yang diterima, semuanya diperiksa berkali-kali sebelum dikirim ke tujuan. Dia mengatakan meskipun ada peningkatan aktivitas pengiriman ataupun penerimaan barang, namun bukan berarti pengetatan pemeriksaan jadi longgar.

Hal senada dikemukakan pengelola kargo lainnya, Rusmiati. Menurut dia, barang yang akan dikirim maupun diterima terlebih dahulu disortir sebelum dikirim ke tujuan melalui angkutan udara maupun darat. "Ini demi keamanan bersama, agar semuanya merasa aman dan nyaman," ujarnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement