Ahad 25 Dec 2022 13:47 WIB

Fahira Idris: Ridwan Saidi Konsisten Kritik Penguasa

Senator DKI, Fahira Idris sebut Ridwan Saidi sosok yang konsisten mengkritik penguasa

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Bilal Ramadhan
Ridwan Saidi: Sejarawan, Budayawan Betawi, dan Politisi Senior. Senator DKI, Fahira Idris sebut Ridwan Saidi sosok yang konsisten mengkritik penguasa
Foto: RIDWAN SAIDI
Ridwan Saidi: Sejarawan, Budayawan Betawi, dan Politisi Senior. Senator DKI, Fahira Idris sebut Ridwan Saidi sosok yang konsisten mengkritik penguasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota DPD RI Fahira Idris menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya Budayawan dan Sejarawan yang juga aktivis mahasiswa era 60-an Ridwan Saidi. Senator DKI Jakarta ini mengenang almarhum sebagai sosok yang konsisten dalam memperjuangan hal yang dianggapnya benar.

"Ridwan Saidi adalah tokoh tiga zaman (orde lama, orde baru, dan reformasi) yang konsisten mengkritik kekuasaan jika dianggap berbagai kebijakannya merugikan rakyat," kata Fahira dalam keterangannya saat dikonfirmasi, Ahad (25/12/2022).

Baca Juga

Ridwan kata Fahira, sebagai tokoh yang langka bukan hanya bagi Jakarta tetapi juga bagi Indonesia dengan mempunyai wawasan luas dan ahli dalam berbagai bidang keilmuannya.

Fahira pun menyebut, almarhum sebagai salah satu mentornya terutama dalam melihat dan memahami perkembangan dan persoalan Jakarta baik dari sisi budaya, sejarah, sosial politik, bahkan ekonomi.

"Usia tidak menghalangi Babe terus belajar, meneliti dan menggali kebenaran. Salah satu yang membuat saya kagum adalah, kegigihan beliau mengedukasi generasi muda agar jernih melihat sejarah dan budaya bangsanya. Saya merasa sangat kehilangan. Babe orang yang sangat baik dan ikhlas. Ilmu yang beliau sebarkan, Insya Allah akan menjadi amal jariyah,” ujar Fahira Idris.

Menurut Fahira, sosok Almarhum Ridwan Saidi memiliki tempat khusus di hati masyarakat Indonesia terutama warga Jakarta. Dia menilai, jasanya besar terhadap perkembangan sejarah dan budaya terutama yang terkait dengan perkembangan Jakarta dan Budaya Betawi.

Almarhum, kata Fahira, semasa hidup mengalami langsung peristiwa atau momen penting perjalan bangsa, menjadikannya sosok yang memiliki wawasan luas.

Selain itu, hidup di tiga era berbeda, membuatnya mempunyai perspektif yang lebih luas dan komprehensif bahkan berbeda dari orang kebanyakan dalam memandang persoalan bangsa. Sehingga, bukan hanya mengkritik tetapi memberi solusi bagaimana idealnya negeri ini dikelola.

"Saya bersaksi, Babe Ridwan Saidi orang yang baik. Insya Allah Husnul khotimah. Beliau patut dijadikan panutan terutama konsistensinya untuk terus belajar, meneliti dan menggali kebenaran terutama lewat sejarah dan budaya. Beliau tokoh yang berjasa terutama terhadap kota Jakarta," kata Fahira.

Budayawan dan Sejarahwan Betawi, Ridwan Saidi, meninggal dunia pada Ahad (25/12/2022) pukul 08.35 di RSPI Bintaro, Tangerang Selatan. Ridwan tutup usia setelah dirawat intensif sejak Jumat (23/12) usai mengalami pendarahan di batang otak.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement