Sabtu 24 Dec 2022 13:42 WIB

Warga Natuna Temukan Serpihan Mirip Badan Pesawat

Barang ini (serpihan, red) hanyut dan nyangkut di tiang belakang rumah warga.

Lanud Roesmin Nurjadin - Pekanbaru.
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Lanud Roesmin Nurjadin - Pekanbaru.

REPUBLIKA.CO.ID, NATUNA -- Warga menemukan barang mirip puing pesawat yang hanyut menghantam salah satu rumah warga di pesisir pantai Air Danau, Sejuba, RT 01 RW 2 Desa Sepempang, Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

"Tadi malam jam 22:00 barang ini hanyut, nyangkut di tiang belakang rumah, saya lihat ini barang ringan saya biarkan," kata pemilik rumah sekaligus penemu pertama puing tersebut, Bujang Rozali (40 tahu ), warga Sejuba, Sabtu (24/12/2022).

Dia juga mengatakan, saat awal menemukan serpihan tersebut, belum ada niat untuk mengevakuasi karena dianggap tidak membahayakan rumah. "Jam sepuluh tadi malam saya sudah tahu ada barang itu, dia menghantam tiang rumah, lama-lama ternyata mengakibatkan bagian belakang rumah rusak, akhirnya tadi pagi saya minta bantu Julias (tetangga) bantu angkat," kata Bujang Rozali.

Sementara itu, Julias sejak awal meyakini serpihan tersebut mirip puing pesawat, dan sempat menyebarkan foto temuannya tersebut ke media sosial. "Jam 06.00 tadi pagi kami angkat ke darat, sejak awal saya sudah yakin, karena itu saya pasang status puing pesawat, lalu saya di telpon sama bang Ade anggota dewan, terus banyak polisi datang ke sini," kata Julias.

Selain puing besar dengan ukuran kurang lebih 2 kali 2 meter, juga ditemukan barang dengan tulisan Push Bates Cargo - Pak warna hitam. Bagian luar serpihan berwarna putih dan bagian dalam seperti serat fiber berwarna kuning.

Sementara isi dalam serpihan terlihat rongga seperti sarang lebah dengan bahan aluminium koil dan dibeberapa sisi puing juga tampak telah ditumbuhi kerang jenis tiram putih.

Serpihan tersebut sebelum dibawa ke Lanud Raden Sadjad dijaga oleh pihak kepolisian bersama beberapa anggota TNI AU.

Sementara itu Polisi menyisir pantai sekitar Air Danau, Sejuba, Desa Sepempang, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepualuan Riau setelah ditemukannya serpihan yang diduga mirip badan pesawat oleh warga setempat.

"Hanya satu serpihan besar kurang lebih dua meter kali dua meter," kata Kapolres Natuna, AKBP Iwan Ariyandhy di Natuna, Sabtu.

Setelah mengamankan serpihan tersebut, tampak beberapa anggota Polisi menyisir sekitar pantai dan tidak menemukan jenis barang yang sama di sepanjang pantai Air Danau.

Kapolres juga menjelaskan, barang tersebut telah diserahkan kepada pihak TNI AU Lanud Raden Sadjad atas temuan warga tersebut, untuk diteliti lebih lanjut.

Sementara pihak Lanud Raden Sadjad melalui keterangan tertulis menyampaikan kepada awak media belum bisa memberikan keterangan terkait hal tersebut karena masih dalam pengecekan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement