Rabu 21 Dec 2022 20:35 WIB

Pemkab Cilacap Lakukan Monev Penyaluran Bansos untuk Lansia dan Kaum Difabel

Melalui bantuan ini pemerintah berupaya hadir di tengah masyarakat.

Rep: idealisa masyrafina/ Red: Hiru Muhammad
Pj Bupati Yunita Dyah Suminar menyerahkan bantuan sosial untuk lansia dan penyandang disabilitas di Jalan Bakung RT 05 RW 06 Gang Jahe, Kelurahan Sidakaya Kecamatan Cilacap Selatan, Rabu (21/12/2022).
Foto: Pemkab Cilacap
Pj Bupati Yunita Dyah Suminar menyerahkan bantuan sosial untuk lansia dan penyandang disabilitas di Jalan Bakung RT 05 RW 06 Gang Jahe, Kelurahan Sidakaya Kecamatan Cilacap Selatan, Rabu (21/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) penyaluran bantuan sosial (Bansos) makanan bagi Lansia dan penyandang disabilitas. Program dari Kementerian Sosial ini disalurkan dalam bentuk makanan siap saji untuk para penyandang kesejahteraan sosial.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Pj Bupati Yunita Dyah Suminar, di Jalan Bakung RT 05 RW 06 Gang Jahe, Kelurahan Sidakaya Kecamatan Cilacap Selatan, Rabu (21/12/2022).

Baca Juga

Tiap penerima mendapatkan ransum makanan untuk menu pagi dan siang. Penerima juga mendapatkan paket sembako berisi beras, susu, minyak goreng, sarden, roti, serta mi instan. Ada pula bantuan berupa karpet alas duduk.

"Mereka adalah orang-orang yang perlu diperhatikan. Kita ingin mereka tetap hidup sehat, dan diberi bantuan yang sifatnya memberdayakan masyarakat," kata Yunita.

Bantuan ini bersifat pemberdayaan masyarakat karena menu bantuan permakanan ini diolah oleh UKM setempat, sehingga tidak hanya penerima bantuan yang mendapatkan manfaat, tetapi juga masyarakat di sekitarnya.

Yunita menegaskan, melalui bantuan ini pemerintah berupaya hadir di tengah masyarakat. Pihaknya berharap, bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cilacap, Arida Puji Hastuti menjelaskan, sasaran Bansos ini adalah para penyandang kesejahteraan sosial seperti lansia keluarga tunggal dan penyandang disabilitas tunggal.

"Penanggung jawab bantuan tersebut adalah Camat, dengan membentuk kelompok masyarakat sebagai pemasak dan pengantar makanan setiap hari," jelas Arida melalui pesan singkatnya.

Kabupaten Cilacap mendapat alokasi untuk 2.605 lansia dan 526 penyandang disabilitas. Bantuan ini diberikan selama 30 hari selama periode bulan November – Desember.

Di wilayah eks Kotip Cilacap, kegiatan serupa juga digelar di dua titik lain yakni di Jalan Rinjani RT 08 RW 22 dan RT 07 RW 22 Kelurahan Sidanegara Kecamatan Cilacap Tengah, dan di Jalan Sadang  RT 08 RW 04 Kelurahan Gumilir Kecamatan Cilacap Utara. Turut hadir dalam acara tersebut sejumlah kepala OPD, serta Camat dan Lurah wilayah masing-masing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement