Rabu 21 Dec 2022 18:13 WIB

Pemkab Tangerang Terjunkan Puluhan Nakes ke Posko Pengamanan Nataru

Nakes yang disiapkan itu guna memastikan kesehatan pemudik.

Petugas tenaga kesehatan (ilustrasi)
Foto: ANTARA/ASEP FATHULRAHMAN
Petugas tenaga kesehatan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten akan menerjunkan puluhan tenaga kesehatan (nakes) ke 12 titik posko terpadu Natal 2022 dan Tahun Baru (Nataru) 2023 yang ada di wilayahnya itu. Sebagai langkah antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama masa perayaan pergantian tahun tersebut.

"Kemarin kita sudah rapat bersama instansi terkait, dan nanti kita ada 12 titik untuk pengawasan di Posko Nataru itu. Jadi kita kerahkan sebanyak 64 petugas kesehatan," kata Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Fariz di Tangerang, Rabu (21/12/2022).

Baca Juga

Menurutnya, untuk lokasi dan jumlah titik pelayanan kesehatan nantinya akan ditempatkan di 12 titik posko pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang akan dibentuk oleh tiga Polres Tangerang. "Jadi di pengawasan dan pengamanan Nataru 2023 ini, kita (Dinkes) ikut terlibat bersama tiga Polres yang ada di Kabupaten Tangerang, di antaranya seperti Polres Tangerang Selatan, Polres Metro Kota Tangerang dan Polresta Tangerang," katanya.

Ia mengatakan nakes yang disiapkan itu guna memastikan kesehatan pemudik, sehingga mereka dapat aman dalam perjalanan menuju rumahnya. Di dalam posko pelayanan itu, kata dia, para tenaga kesehatan dari Dinkes Kabupaten Tangerang ini akan ditugaskan untuk memberikan pelayanan medis kepada masyarakat umum yang melaksanakan perayaan libur Natal dan Tahun Baru.

Adapun bentuk pelayanan kesehatan yang disiapkan oleh para petugas, di antaranya pelayanan P3K, pengobatan, vaksinasi hingga skrining Covid-19. "Sementara untuk fasilitasnya ada mobil ambulans, tenaga medis yang terdiri dari dokter dan perawat yang nantinya akan di siap siagakan di posko-posko," ujarnya.

Ia juga menyebutkan, dari 64 orang petugas kesehatan yang disiapkan itu akan dibagi menjadi beberapa tim dengan terdiri atas tiga orang perawat, dokter dan satu dokter spesialis. "Kita dalam satu tim itu ada empat orang, yang terdiri satu dokter dan tiga perawat, Dan untuk khusus tenaga dokter kita siapkan sebanyak 20 orang," katanya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang melakukan perayaan atau mudik pada libur Nataru 2022 untuk memperhatikan kesehatannya. Selain itu, masyarakat juga bisa memanfaatkan posko kesehatan yang disiapkan pemerintah termasuk yang berada di posko tempat ibadah.

"Nanti di tempat ibadah, tempat keramaian kita siapkan petugas juga terutama di kawasan Citra Raya, Tangerang," ujar Fariz.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement