Selasa 20 Dec 2022 16:25 WIB

1.406 Satpol PP Bantu Pengamanan Natal di 429 Gereja DKI

Pemprov DKI Jakarta menggelar rangkaian kegiatan menyambut perayaan Natal.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Agus raharjo
Petugas Satpol PP bersama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta TNI  melakukan apel persiapan penyegelan bar-resto Holywings di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (28/6/2022). Pemprov DKI Jakarta melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan penutupan secara serentak terhadap 12 outlet perusahaan bar dan resto Holywings di Jakarta hari ini. Penutupan tersebut dilakukan setelah ditemukannya sejumlah pelanggaran diantaranya pelanggaran izin usaha atau belum memiliki sertifikat standar KBLI 56301 jenis usaha bar yang telah terverifikasi. Republika/Thoudy Badai
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas Satpol PP bersama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta TNI melakukan apel persiapan penyegelan bar-resto Holywings di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (28/6/2022). Pemprov DKI Jakarta melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan penutupan secara serentak terhadap 12 outlet perusahaan bar dan resto Holywings di Jakarta hari ini. Penutupan tersebut dilakukan setelah ditemukannya sejumlah pelanggaran diantaranya pelanggaran izin usaha atau belum memiliki sertifikat standar KBLI 56301 jenis usaha bar yang telah terverifikasi. Republika/Thoudy Badai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan, pihaknya akan membantu TNI-Polri dalam melaksanakan pengamanan malam natal dan tahun baru (Nataru). Menurut dia, ada lebih dari 1.406 personel yang ditempatkan di ratusan gereja pada malam Natal.

“Personel yang diturunkan untuk diploting kurang lebih ada di 429 gereja,” kata Arifin kepada awak media, Selasa (20/12/2022).

Baca Juga

Dia menyebut, dari 429 gereja yang ada, 48 di antaranya ada di Jakarta Pusat dengan pengamanan 310 petugas, lalu 134 gereja di Jakarta Utara dengan 262 petugas. Sedangkan di Jakarta Barat ada 50 gereja dengan pengamanan 264 personel. Sementara di Jakarta Timur ada 152 gereja dengan 390 personel dan Jakarta Selatan sejumlah 180 personel untuk 45 gereja.

Menurut Arifin, atensi yang diberikan itu demi memastikan semua kegiatan ibadah umat Kristiani berjalan dengan lancar, tertib dan aman. Namun demikian, pihaknya mengingatkan Covid-19 yang belum usai dan berbagai protokol yang perlu diikuti.

“Kami selalu mengimbau untuk mematuhi ketentuan protokol kesehatan,” jelasnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan koordinasi dan konsolidasi dengan pihak internal hingga lintas sektoral. Tujuannya, untuk melancarkan kegiatan ibadah dan perayaan Nataru.

“Saya juga telah menginstruksikan jajaran Dinas/SKPD terkait sesuai dengan tupoksinya untuk kuatkan sinergi membantu sukseskan momen perayaan akhir tahun ini," kata Heru.

Ia menegaskan, Pemprov DKI Jakarta melalui Perangkat Daerah terkait, seperti Dinas Kesehatan, BPDB DKI Jakarta dan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat) DKI Jakarta akan terus bersiaga. Unsur-unsur itu, lanjut Heru, akan bersinergi mengantisipasi berbagai potensi bencana yang bisa terjadi.

“Tapi kami mengimbau masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang akan beribadah maupun merayakan HBKN Natal dan juga Tahun Baru di seluruh wilayah Jakarta dapat bersinergi dengan tetap menerapkan prokes. Sehingga, perayaan kegiatan akhir tahun ini dapat terlaksana dengan baik, aman dan tertib," kata dia.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Pakrekraf) DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan melaksanakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut dan memeriahkan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Kota Jakarta. Kegiatan tersebut, akan dilakukan di lima wilayah kota DKI dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

"Untuk perayaan Natal, kita ada Kidung Natal (Christmas Carol) mulai dari 19 Desember kemarin yang digelar di Bundaran HI, Terowongan Kendal, dan Kota Tua. Lalu ada Jakarta Light Festival, dan festival malam tahun baru di TMII,” kata Andika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement