Senin 19 Dec 2022 18:19 WIB

Mahfud MD Ajak Kagama Saling Bersinergi

Kagama, kata dia, layaknya sepiring gado-gado yang isinya beragam latar belakang.

Ketua Dewan Pakar Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama), Mahfud M.D.
Foto: Dok. Web
Ketua Dewan Pakar Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama), Mahfud M.D.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Ketua Dewan Pakar Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama), Mahfud M.D., mengatakan, Kagama hingga saat ini memiliki sekitar 500 ribu anggota yang tersebar di seluruh Indonesia dan di luar negeri. Hal tersebut disampaikan mahfud MD dalam sambutannya di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kagama, di Balai Senat UGM Yogyakarta.

Rakernas Kagama 2022 dilaksanakan secara luar jaringan (Luring) terbatas di Balai Senat UGM dan dalam jaringan (Daring) diikuti oleh lebih dari 700 pengurus dari dalam dan luar negeri. Rakernas juga dihadiri Ketua Dewan Pertimbangan Kagama/Rektor UGM, Ova Emilia, Ketua Umum  pengurus Pusat Kagama, Ganjar Pranowo, dan Sekretaris Jenderal PP Kagama, AAGN Ari Dwipayana.

Baca Juga

Kagama, kata dia, layaknya sepiring gado-gado yang isinya beragam latar belakang sosial, budaya, ekonomi, suku, agama, ras, golongan bahkan pilihan politiknya juga bermacam macam.

"Hal ini bukan merupakan hambatan bagi kami untuk bekerja sama. Kita harus saling melengkapi, bersinergi, dan tentu saja mesti memiliki cita rasa nusantara," ujar dia, Senin (19/12/2022).

Mahfud menyebutkan, UGM telah memberi banyak pembelajaran. Sejak awal, kata dia, para alumni disiapkan untuk menjadi pribadi yang antusias berkarya dan bekerja nyata. "Semua dididik untuk menjadi orang yang punya kemampuan lebih, harus selalu punya ide, responsif terhadap persoalan, dan berinovasi untuk merespons perubahan yang ada," ujarnya.

Ia berharap dalam forum rakernas ini tidak hanya melakukan ritual berorganisasi saja, tetapi juga untuk mempertegas pandangan atas tantangan yang dihadapi bangsa. "Kami mengajak seluruh elemen bangsa untuk ikut memikirkan, ikut mencarikan solusi, ikut memperkuat sumber daya manusia Indonesia. Insya Allah rakernas ini akan membawa manfaat bagi UGM, bangsa, dan negara," urainya.

Dalam rakernas yang dipimpin oleh Sekjen PP Kagama, AAGN Ari Dwipayana ini disampaikan laporan program kerja PP Kagama 2022 dan penyampaian masukan dari pengda, pengcab, pengurus alumni fakultas, dan pengurus Kagama komunitas. Di samping itu, juga dilaksanakan pelantikan pengurus Kagama oleh Ketua Umum PP Kagama.

Dalam kesempatan tersebut turut dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Kagama dengan PGaruda Indonesia yang dilakukan oleh Ketua Umum PP Kagama, Ganjar Pranowo, dan Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra.

Kerja sama yang disepakati terkait layanan penerbangan oleh Garuda Indonesia untuk Kagama dan keluarga. Adapun kerja sama berupa pemberian potongan harga untuk rute internasional sebesar 20 persen, reschedule/reroute, bebas biaya perubahan nama, dan bebas biaya perubahan upgrade.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement