Jumat 16 Dec 2022 20:09 WIB

Elkan Baggott Belum Bisa Dipastikan Bisa Beraksi di Piala AFF 2022

Gillingham FC tak memiliki kewajiban melepas Elkan Baggott.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Bek Timnas Indonesia Elkan Baggott
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Bek Timnas Indonesia Elkan Baggott

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan ketersediaan Elkan Baggott untuk timnas Indonesia di Piala AFF 2022 belum dapat dipastikan. Sejauh ini, pihaknya masih menjalin komunikasi dengan pihak klub, Gillingham FC, agar rela melepas Elkan dalam turnamen yang tidak masuk kalender FIFA tersebut.

Indra memahami bahwa Gillingham FC tak memiliki kewajiban melepas Elkan. Namun ia berharap pihak klub berkenan melepas Elkan meskipun untuk salah satu pertandingan timnas Indonesia. Piala AFF 2022 akan digelar pada 20 Desember hingga 16 Januari mendatang. Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

"Coach Shin Tae-yong menyampakan mungkin tidak perlu semua pertandingan Elkan baggot bisa bermain, tetapi ada pertandingan-pertandingan yang mungkin Elkan Baggot bisa bermain. Namun sampai detik ini belum ada jawaban yang secara pasti yang diberikan oleh klub Elkan kapan dia bisa dilepas," kata Indra di Jakarta, Jumat (16/12/2022).

Gillingham FC  akan melakoni pertandingan penting selama Piala AFF digelar. Pada 21 Desember, mereka akan menghadapi Wolverhampton Wanderers di Piala Liga Inggris. Kemudian, pada 7 Januari 2023 mereka akan melawan Leicester City di Piala FA. Namun, PSSI masih mencoba membangun komunikasi dengan klub agar berkenan melepas Elkan.

"PSSI berkomunikasi, saya juga berkomunikasi dengan Elkan. Sampai detik ini dia masih belum bisa memastikan klubnya di pertandingan mana dia bisa dilepas nanti," ujarnya.

Dia menegaskan sejauh ini belum dapat dipastikan apakah Elkan dapat tersedia untuk pertandingan Timnas Indonesia atau tidak. Namun, waktu semakin mendekati penentuan daftar tetap skuad Indonesia untuk Piala AFF 2022. Indra mengatakan, PSSI akan mengumumkan daftar 23 pemain Timnas Indonesia pada 18 Desember 2022.

"Kita lihat aja nanti, apakah coach Shin tae-yong bisa meyakinkan klub. Saya tidak bisa jamin itu, tetapi saya yakin dengan skuad yang ada sekarang kita cukup untuk bisa menghadapi minimal di pertandingan grup ini," kata Indra.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement