Kamis 15 Dec 2022 22:20 WIB

Semua Wilayah di Kaltim Berpotensi Hujan Petir Jumat-Sabtu

Hujan dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor.

Sepeda motor melintas saat banjir menggenangi kawasaan Damai, Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (16/3/2022). Hujan deras sejak dini hari yang mengguyur Kota Balikpapan menyebabkan banjir di kawasan tersebut. Semua Wilayah di Kaltim Berpotensi Hujan Petir Jumat-Sabtu
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Sepeda motor melintas saat banjir menggenangi kawasaan Damai, Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (16/3/2022). Hujan deras sejak dini hari yang mengguyur Kota Balikpapan menyebabkan banjir di kawasan tersebut. Semua Wilayah di Kaltim Berpotensi Hujan Petir Jumat-Sabtu

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- BMKG memprakirakan semua wilayah (10 kabupaten/kota) di Provinsi Kaltim mengalami hujan lebat hingga hujan petir pada Jumat-Sabtu (16-17/12/2022), sehingga semua pihak diingatkan waspada terhadap dampak yang mungkin bisa ditimbulkan.

"Peristiwa ini dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita Sibarani, Kamis (15/12/2022).

Baca Juga

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing, agar dapat dilakukan antisipasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Rincian dari wilayah yang berpotensi mengalami peristiwa tersebut antara lain, di Kota Balikpapan pada Jumat sekitar pukul 23.00 wita hingga Sabtu dini hari sekitar pukul 02.00 wita, hujan petir diprakirakan terjadi di semua kecamatan.

Di Kota Samarinda pada Sabtu dini hari, hujan petir diprakirakan terjadi di enam kecamatan, yakni Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Kecamatan Sambutan.

Untuk hujan petir di Kota Bontang diprakirakan terjadi pada Jumat sekitar pukul 11.00 dan 23.00 di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Bontang Selatan, Bontang Barat, dan Bontang Utara.

Hujan petir di Kabupaten Kutai Kartanegara pada Jumat sekitar pukul 11.00 dan 17.00 di Kecamatan Tabang, Kembang Janggut, Tenggarong Seberang, pukul 23.00 di Sebulu, Kembang Janggut, Kenohan, Muara Kaman, dan Kecamatan Kota Bangun.

Pada Sabtu dini, hujan lebat hingga hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Muara Badak, Muara Muntai, Sebulu, Kembang Janggut, Kenohan, Kota Bangun, Marangkayu, Kenohan, dan Kecamatan Muara Wis.

Kabupaten Berau pada Jumat sekitar pukul 11.00 wita hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Tanjung Redeb, Pulau Derawan, Gunung Tabur, Sambaliung, Teluk Bayur, pada Sabtu dini hari di Kecamatan Pulau Derawan.

"Hujan lebat dan hujan petir berpotensi terjadi di Kabupaten Kutai Timur sekitar pukul 17.00, 23.00, dan Sabtu dini pada delapan kecamatan, yakni Batu Ampar, Muara Ancalong, Long Mesangat, Muara Bengkal, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Pandan, dan Kecamatan Telen," kata Carolina.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement