Rabu 14 Dec 2022 20:55 WIB

Sebanyak 23 Imigran Rohingya Kabur dari Penampungan

Kaburnya imigran Rohingya diduga melibatkan jaringan perdagangan manusia.

Sejumlah etnis rohingya menunggu kepastian penampungan di dalam drum truk di halaman kantor bupati Aceh Utara, Aceh, Kamis (24/11/2022). Sebanyak 110 pengungsi Rohingya yang terdampar di perairan Desa Lhok, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara pada Selasa (15/11/) diangkut  paksa oleh warga ke kantor bupati Aceh Utara karena kesal tidak ada kepastian pemindahan rohingya dari desa warga.
Foto: ANTARA FOTO/Rahmad
Sejumlah etnis rohingya menunggu kepastian penampungan di dalam drum truk di halaman kantor bupati Aceh Utara, Aceh, Kamis (24/11/2022). Sebanyak 110 pengungsi Rohingya yang terdampar di perairan Desa Lhok, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara pada Selasa (15/11/) diangkut paksa oleh warga ke kantor bupati Aceh Utara karena kesal tidak ada kepastian pemindahan rohingya dari desa warga.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Kepolisian Resor (Polres) Lhokseumawe menyatakan sebanyak 23 imigran Rohingya kabur dari lokasi penampungan sementara di bekas kantor imigrasi di Desa Ulee Blang Mane, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Aceh.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Henki Ismanto mengatakan dua puluhan imigran Rohingya tersebut melarikan diri dengan cara melompat pagar tembok lokasi penampungan.

Baca Juga

"Mereka diketahui melarikan diri pada Selasa (13/12/2022) sekitar pukul 12.30 WIB. Saat itu, petugas keamanan melaksanakan patroli di seputaran lokasi penampungan dan menemukan bekas tapak kaki yang menempel di dinding pagar tembok," kata Henki Ismanto, Rabu (14/12/2022).

Dia mengatakan setelah menemukan bekas tapak kaki di dinding pagar beton, kemudian petugas melakukan pendataan terhadap para imigran Rohingya dan diketahui 23 manusia perahu tersebut tidak ada di tempat. Adapun Imigran Rohingya yang melarikan diri tersebut terdiri delapan laki-laki dewasa, empat perempuan dewasa, dan 11 anak-anak.

"Petugas keamanan terus mencari mereka serta melaporkan kepada lembaga PBB, UNHCR, bahwa ada warga imigran Rohingnya yang melarikan diri dari tempat penampungan di gedung bekas Imigrasi Kota Lhokseumawe," kata Henki Ismanto.

Petugas keamanan sempat mencari di seputaran gedung bekas kantor imigrasi tersebut, namun tidak menemukan mereka. Petugas keamanan juga berkoordinasi dengan kepolisian untuk mencari keberadaan 23 imigran Rohingya tersebut.

Dengan kaburnya 23 imigran Rohingya tersebut, kata Henki Ismanto, maka saat ini di lokasi penampungan tersisa 206 orang dari total sebelumnya 229 orang. Petugas keamanan juga memperketat penjagaan tempat penampungan imigran tersebut.

"Kaburnya imigran Rohingya tersebut diduga melibatkan jaringan perdagangan manusia yang diperkirakan dari luar daerah datang. Jaringan tersebut menjemput imigran Rohingnya di gedung bekas kantor imigrasi Kota Lhokseumawe dan selanjutnya dibawa ke suatu tempat," kata Henki Ismanto.

Lembaga migrasi internasional, IOM, telah menyarankan kepada pihak UNHCR untuk menutup pagar di belakang gedung tersebut agar tidak mudah dipanjat. "Namun, pihak UNHCR hingga saat ini tidak menanggapi saran yang diberikan IOM hingga akhirnya 23 imigran Rohingya melarikan diri dari tempat penampungan," kata Kapolres Lhokseumawe AKBP Henki Ismanto.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement