Rabu 14 Dec 2022 09:35 WIB

Moda Transportasi Bus Kian Diminati untuk Bepergian

Traveloka mencatat tren pengguna melakukan perjalanan dengan bus melonjak.

Bus di gerbang keluar Tol Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Ahad (4/7).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Bus di gerbang keluar Tol Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Ahad (4/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hingga Desember 2022, Traveloka telah membangun kemitraan dengan lebih dari 380 operator bus dan travel di Indonesia. Angka pertumbuhan jumlah mitra tersebut telah meningkat lebih dari dua kali lipat sejak produk bus dan travel diluncurkan pada 2018.

Berkat inovasi berbasis teknologi, kini masyarakat semakin mudah untuk melakukan perjalanan dengan bus dan travel karena dapat melakukan pemesanan secara daring. Hal ini sejalan dengan misi pemerintah terkait akselerasi pertumbuhan transportasi di era digital, yang menyediakan kemudahan akses untuk pembelian tiket perjalanan darat.

CEO of Transport Traveloka, Iko Putera, mengatakan, pihaknya melihat adanya peningkatan minat masyarakat untuk bepergian menggunakan moda transportasi bus dan travel, khususnya untuk wilayah Jawa dan Sumatra yang meningkat hampir tiga kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2020 atau sebelum pandemi Covid-19.

"Peningkatan minat konsumen pada produk bus dan travel didasari oleh beberapa faktor seperti; titik keberangkatan dan jangkauan destinasi lebih dekat dengan konsumen, harga tiket bus yang lebih terjangkau, serta ragam tipe bus yang semakin bervariasi (luxury, sleeper, captain seat, single seater)," kata Iko di Jakarta, Rabu (14/12/2022).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor transportasi berhasil tumbuh lebih

dari 21 persen pada kuartal II-2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Selain itu, Kemenhub juga mencatat peningkatan signifikan pada angkutan bus, dengan jumlah 194.890 penumpang pada Mei 2022 atau meningkat sebesar 210,5 persen jika dibandingkan April 2022 sebesar 62.760 penumpang.

Peningkatan mobilitas konsumen di tingkat nasional juga tercermin melalui data internal Traveloka mengenai tren para pengguna yang melakukan perjalanan dengan bus. "Beberapa kota besar seperti Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Malang, Bandung masih menjadi destinasi favorit. Sedangkan untuk Pulau Sumatra, Bandar Lampung, Palembang, Medan, Padang, dan Pekanbaru juga menjadi pilihan," kata Iko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement