Selasa 13 Dec 2022 22:59 WIB

Kurangi Pencemaran Lingkungan, Program Bank Sampah jadi Edukasi Masyarakat

Fasilitas bank sampah Amerta Indah Otsuka bagian dari Otsuka Eco Village

Sampah merupakan salah satu isu lingkungan yang menjadi permasalahan bersama dan dalam upaya menciptakan lingkungan yang lebih bersih serta sehat, melalui salah satu pilar Otsuka Blue Planet, PT Amerta Indah Otsuka meresmikan fasilitas Bank Sampah di Kejayan, Pasuruan yang menjadi program Otsuka Eco Village.
Foto: istimewa
Sampah merupakan salah satu isu lingkungan yang menjadi permasalahan bersama dan dalam upaya menciptakan lingkungan yang lebih bersih serta sehat, melalui salah satu pilar Otsuka Blue Planet, PT Amerta Indah Otsuka meresmikan fasilitas Bank Sampah di Kejayan, Pasuruan yang menjadi program Otsuka Eco Village.

REPUBLIKA.CO.ID, PASURUAN -- Sampah merupakan salah satu isu lingkungan yang menjadi permasalahan bersama dan dalam upaya menciptakan lingkungan yang lebih bersih serta sehat, melalui salah satu pilar Otsuka Blue Planet, PT Amerta Indah Otsuka meresmikan fasilitas Bank Sampah di Kejayan, Pasuruan yang menjadi program Otsuka Eco Village.

Adapun fasilitas Bank Sampah merupakan bukti nyata komitmen Amerta Indah Otsuka dalam mengubah kebiasaan masyarakat dapat lebih peduli terhadap lingkungan agar terciptanya masyarakat yang mampu mengelola sampah rumah tangga dengan baik dan benar secara mandiri.

Corporate Communication Director Amerta Indah Otsuka Sudarmadi Widodo mengatakan saat ini terdapat 200 ton sampah yang mencemari perairan Pasuruan Jawa Timur. Hal tersebut mendorong perusahaan untuk menghadirkan Otsuka Eco Village yang bertujuan mengedukasi dan memberikan fasilitas bank sampah demi membantu masyarakat sekitar pabrik agar dapat mengubah perilaku masyarakat agar dapat mengelola sampah baik Non Organik, Organik dan Residu secara mandiri.

“Masyarakat yang ingin menjadi nasabah pada Bank Sampah GEMPAR dapat melakukan pendaftaran melalui KSM GEMPAR, mekanisme pencatatannya masyarakat bisa memilah sampah secara mandiri dari rumah dan membawa sampah non organik yang memiliki nilai jual ke Bank Sampah GEMPAR,” ujarnya dalam keterangan tulis, Selasa (13/12/2022).

Selain mendirikan fasilitas bank sampah Amerta Indah Otsuka melalui program Otsuka Eco Village juga memberikan edukasi mengenai cara mengelola sampah rumah tangga yang baik dan benar dimulai dari memilah sampah, sehingga masyarakat dapat berperan aktif dalam pelaksanaan program Bank Sampah.

Sementara itu Wakil Bupati Kabupaten Pasuruan Abdul Mujib Imro menambahkan pihaknya mengurangi pencemaran lingkungan akibat sampah yang bertumpuk dan tidak terkelola dengan baik serta menciptakan lingkungan yang lebih bersih dibutuhkan upaya dan peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat serta dukungan sektor lainnya seperti pihak swasta.

“Sehingga kami sangat mengapresiasi Amerta Indah Otsuka yang telah berupaya untuk memberikan edukasi bagi masyarakat di wilayah Kejayan, Pasuruan serta memfasilitasi bank sampah melalui program Otsuka Eco Village,” ucapnya.

Consulate General of Japan in Surabaya Takeyama Kenichi menambahkan program Otsuka Eco Village dapat terus berlanjut bahkan memunculkan perusahaan atau daerah yang mengadopsi program seperti ini, sehingga terus berkembang dan memberikan manfaat bagi kelestarian lingkungan tidak hanya di Jawa Timur tapi juga bumi yang lebih baik.

“Adanya program Otsuka Eco Village serta didirikannya Bank Sampah GEMPAR kami berharap dapat membantu mengurangi sampah yang tertimbun dan tidak terkelola dengan baik serta mengubah perilaku masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan terutama dalam mengelola sampah rumah tangga dengan baik dan benar secara mandiri,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement