Ahad 11 Dec 2022 18:26 WIB

Pemkab Malang Gali Potensi Sektor Wisata Kuliner

Pemkab Malang menggali potensi wisata, salah satunya di sektor kuliner.

Pengunjung memilih kuliner tradisional yang dijual di Pasar Malang, Jawa Timur.
Foto: ANTARA/Budi Candra Setya
Pengunjung memilih kuliner tradisional yang dijual di Pasar Malang, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pemerintah Kabupaten Malang berupaya menggali sejumlah potensi sektor wisata kuliner untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang salah satunya berasal dari sektor pariwisata.

Bupati Malang M Sanusi di Kabupaten Malang, Minggu, mengatakan bahwa salah satu upaya untuk menggali potensi sektor wisata kuliner di Kabupaten Malang adalah dengan penyelenggaraan festival Kuliner Bakso Malang di Halaman Pendopo Kabupaten Malang yang diikuti oleh pelaku UMKM.

Baca Juga

"Saya berharap ajang ini bisa menjadi tempat bertemu bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di bidang kuliner," kata Sanusi.

Sanusi menjelaskan, sektor kuliner atau makanan dan minuman dinilai merupakan salah satu penunjang sektor pariwisata diKabupaten Malang. Sektor kuliner juga dinilai mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang ke wilayah tersebut.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Malang juga berencana untuk memberikan lokasi berjualan khususnya pada saat akhir pekan kepada pelaku UMKM kuliner di wilayah tersebut. Sektor kuliner, masih mendapatkan minat yang cukup tinggi dari wisatawan.

"Minat masyarakat bagus. Produk bakso yang dijual selalu habis. Nanti kegiatan seperti ini akan diperbesar, dan pada akhir pekan akan saya siapkan tempat agar bisa berjualan," katanya.

Ia menambahkan, ajang Kuliner Bakso Malang tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkansemangat para pelaku usaha kuliner di wilayah tersebut. Ia berharap, ada sejumlah inovasi yang bisa dihadirkan oleh para pelaku usaha kuliner tersebut.

Menurutnya, saat ini ada berbagai macam varian produk olahan daging tersebut yang menjadi salah satu bukti inovasi para pelaku usaha kuliner. Bakso bukan lagi sebatas produk makanan daging sapi saja, akan tetapi juga telah memanfaatkan sejumlah bahan baku lainnya.

"Para pelaku usaha bakso harus bisa berkreasi. Saat ini ada berbagai macam produk olahan bakso seperti bakso sayur, bakso selimut dan bakso iga. Potensi itu nanti akan terus kita kembangkan untuk wisata kuliner," ujarnya.

Dalam ajang festival Kuliner Bakso Malang tersebut diharapkan juga menjadi salah satu wadah edukasi bagi para pelaku usaha kuliner di wilayah tersebut. Para pelaku usaha diharapkan mampu menjamin produk olahan yang pada akhirnya bisa mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement