Ahad 11 Dec 2022 17:20 WIB

Dapur Bergerak PLN Layani 800 Porsi Makanan Pengungsi Semeru

Setiap hari 800 paket makanan siap saji dibagikan pada pengungsi di posko pengungsian

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Setiap hari 800 paket makanan siap saji dibagikan pada pengungsi di posko pengungsian Semeru. Ilustrasi.
Foto: Antara/Seno
Setiap hari 800 paket makanan siap saji dibagikan pada pengungsi di posko pengungsian Semeru. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG- Mobile kitchen (dapur bergerak) BUMN PT PLN (Persero) melayani sebanyak 800 porsi lebih makanan setiap harinya untuk para pengungsi erupsi Gunung Semeru. Layana ini diberikan melalui food truck sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan.

"Kami menyediakan makanan bergizi dan siap saji untuk para pengungsi erupsi Gunung Semeru," kata Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam taklimat media yang diterima wartawan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Ahad (11/12/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan setiap hari 800 paket makanan siap saji dibagikan kepada para pengungsi di posko pengungsian lapangan Candipuro. PLN memastikan standar kebersihan dan gizi makanan yang dihasilkan dari food truck tersebut .

"Itu untuk meredakan duka dan memberikan semangat pemulihan bagi para pengungsi. Mereka juga tidak perlu khawatir dengan hal lain selama berada di sini karena semuanya sudah difasilitasi, termasuk untuk memenuhi kebutuhan keluarganya," katanya.

PLN menyiapkan 15 personel food truck untuk mengolah bahan makanan bergizi menjadi lebih dari 800 porsi makanan setiap harinya dengan menu yang berbeda-beda. "Kami juga memberikan vitamin, susu, dan roti. Kami berharap dapat memenuhi kebutuhan pangan dan gizi masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru, sekaligus membangkitkan semangat mereka," kata Darmawan Prasodjo.

Sukarelawan di kaki Gunung Semeru, Dani Nurdiansyah, mengatakan pihaknya terbantu dengan berlanjutnya bantuan yang diberikan PLN mulai dari logistik hingga pelayanan kesehatan. "Kami sangat terbantu dengan peran PLN dalam menangani evakuasi warga. Koordinasi juga berjalan lebih lancar dengan pemulihan listrik, terima kasih," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan pengungsi, Budi. Ia mengatakan selama di pengungsian mereka dibantu dan difasilitasi karena juga ada makanan siap saji dari PLN, jadi tidak perlu bingung untuk makan setiap hari. Tidak hanya menyediakan makanan siap saji dan layanan kesehatan, PLN juga yang pertama memulihkan listrik di Kabupaten Lumajang pascaerupsi Gunung Semeru disertai awan panas yang turun pada 4 Desember 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement