Sabtu 10 Dec 2022 17:39 WIB

Sebagian Wilayah Mataram Dilanda Hujan Es

Sebagian wilayah NTB sudah memasuki musim penghujan.

Ilustrasi hujan es. Sebagian Wilayah Mataram Dilanda Hujan Es
Foto: Flickr
Ilustrasi hujan es. Sebagian Wilayah Mataram Dilanda Hujan Es

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Sebagian wilayah di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat diguyur hujan es dan angin kencang, Sabtu (10/12/2022) pukul 15.00 WITA.

"Iya ada hujan es. Seperti pecahan es batu kecil yang jatuh dari atas," kata Ibu Heny warga, Karang Baru, Kota Mataram.

Baca Juga

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan fenomena hujan es atau dalam meteorologi dikenal dengan hail merupakan fenomena cuaca yang jarang terjadi khususnya di Indonesia.

"Namun fenomena ini umumnya wajar terjadi pada masa transisi atau masa peralihan musim atau ketika musim hujan," kata Prakirawan BMKG Stasiun Zaenudin Abdu Majid, Lombok, Agastya Ardha Chandra Dewi, Sabtu.

Penyebab utama dari hujan es ini adalah awan Cumulounimbus atau dikenal juga dengan awan Cb. Awan Cb yang dihasilkan dari pemanasan yang kuat di permukaan dan labil nya udara di wilayah tersebut mampu menghasilkan tinggi puncak yang signifikan yakni lebih dari 5 km dengan suhu puncak yang sangat dingin dapat berpotensi menghasilkan hujan es.

"Hujan es dapat dihasilkan awan Cb ketika awan tersebut mengalami proses updraft yang kuat dan mendorong partikel es tersebut jatuh ke permukaan dan umumnya diikuti oleh hujan lebat petir serta angin kencang sebagai hembusan kuat dari awan Cb tersebut," katanya.

Ketika terjadi fenomena tersebut masyarakat diharapkan segera berlindung di tempat yang aman dan sebaiknya tidak beraktivitas di luar ruangan. Disebabkan potensi cuaca ekstrem juga dapat bersamaan terjadi yakni hujan lebat disertai petir serta angin kencang yang dihasilkan awan Cb.

"Sebagian wilayah NTB sudah memasuki musim penghujan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement