Rabu 23 Nov 2022 23:04 WIB

Tiga Program KNI Diganjar Penghargaan Indonesian SDGs Awards 2022

Ketiga Program yang diraih dalam penghargaan ini mengacu ke SDGs Pilar Sosial.

Malam penghargaan Indonesian SDGs Awards (ISDA) 2022.
Foto: Dok. Web
Malam penghargaan Indonesian SDGs Awards (ISDA) 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Kaltim Nitrate Indonesia (KNI) meraih tiga penghargaan sekaligus dalam ajang bergengsi Indonesian SDGs Awards (ISDA) 2022 yang diselenggarakan Corporate Forum for CSR Development (CFCD) bekerjasama dengan Kementerian PPN/Bappenas.

Tiga penghargaan yang diraih adalah, Program Mahira (Rumah Ibadah Ramah Anak) dengan predikat The Gold Award, Program Gerustik (Gerakan Pengurangan Sampah Plastik) dengan Predikat The Gold Award, dan Program Bekantan (Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Rentan Berwawasan Lingkungan) KSM Anggrek dengan predikat The Gold Award. Ketiga program tersebut masuk dalam tujuan SDGs Pilar Sosial, sehingga PT KNI juga meraih Penghargaan The Most Committed Corporate on SDGs Social Pillars. 

Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Umum CFCD, Thendri Supriatno kepada Presiden Direktur PT Kaltim Nitrate Indonesia Twedy Nasution didampingi oleh Government, Community Relation and GA Dept. Head Rheza Zacharias di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta (Selasa, 22 November 2022).

“Suatu kehormatan bagi kami PT KNI bisa menjadi bagian dari ISDA Tahun 2022. Bersanding dengan berbagai perusahaan yang hadir, tentunya ini menjadi ajang apresiasi bagi kami yang secara konsisten berkontribusi dalam pencapaian SDGs,” ujar Presiden Direktur Kaltim Nitrate Indonesia, Twedy M Nasution, Rabu (23/11/2022).

Mengangkat tema “No One Left Behind, Best Practice on the Roles of Corporation in SDGs” pada ISDA Award 2022 kali ini, CFCD memberikan apresiasi pada perusahaan yang berkomitmen untuk berkontribusi pada SDGs di Indonesia. Komitmen tersebut yang dilaksanakan PT KNI melalui program pemberdayaan masyarakat mengacu pada 17 tujuan pembangunan berkelanjutan. 

Senada, Ketua Umum CFCD, Thendri Supriatno menyatakan dengan diterimanya penganugerahan ISDA 2022 dapat mendorong korporasi untuk berperan aktif dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat dan pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan.

“Penghargaan diberikan kepada perusahaan yang melakukan penghematan energi, melakukan konservasi lingkungan, melakukan kegiatan sosial di masyarakat setta berbagai hal positif lainya. Dengan digelarnya ISDA tentu korporasi akan berlomba-lomba dalam memberikan hal terbaik kepada masyarakat sekitar,” ujarnya.

Ketiga Program yang diraih dalam penghargaan ini mengacu pada tujuan SDGs Pilar Sosial. Program Mahira merupakan Program Perlindungan Anak melalui Pengembangan Ruang Kreatif Anak yang rekreatif, aman dan nyaman melalui pemanfaatan Rumah Ibadah. Program ini merupakan sinergi antara Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Bontang dan PT KNI dalam upaya Pemenuhan Hak anak Kluster Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Budaya. 

Program penyelamatan lingkungan melalui edukasi dan kampanye terkait pengurangan penggunaan kemasan plastik sekali pakai. Kemudian, Program Bekantan KSM Anggrek merupakan program peningkatan ekonomi masyarakat yang berwawasan lingkungan melalui pengolahan daur ulang limbah plastik menjadi produk bernilai ekonomi yang berkelanjutan.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement