Rabu 23 Nov 2022 19:04 WIB

Dispar Sleman: Desa Wisata Jangan Agendakan Susur Sungai

Dispar Sleman mengimbau agar desa wisata tidak mengagendakan susur sungai.

Wisatawan menaiki perahu karet menyusuri sungai. Dispar Sleman mengimbau agar desa wisata tidak mengagendakan susur sungai.
Foto: ANTARA/Harviyan Perdana Putra
Wisatawan menaiki perahu karet menyusuri sungai. Dispar Sleman mengimbau agar desa wisata tidak mengagendakan susur sungai.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mengimbau pengelola desa wisata yang ada di wilayah setempat untuk tidak membuat kegiatan outbondsusur sungai kepada tamu atau pengunjung selama musim hujan dan cuaca ekstrem.

"Selain kegiatan susur sungai, kegiatan lain yang rawan dan berpotensi menimbulkan bahaya saat musim hujan agar jangan diagendakan," kata Kepala Bidang Pengembangan SDM dan Usaha Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Nyoman Rai Savitri di Sleman, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga

Menurut dia, kegiatan yang dinilai rawan tersebut diantaranya perjalanan di kawasan perbukitan yang rawan longsor, maupun aktivitas di embung yang terhubung aliran sungai.

"Selain itu pengelola juga kami minta untuk mewaspadai pohon-pohon besar yang ada di lingkungan desa wisata, terutama yang rawan tumbang," katanya.

Ia mengatakan Dinas Pariwisata Sleman beberapa waktu lalu telah memberikan pelatihan penanggulangan bencana kepada para pengelola dan pelaku wisata.

"Dengan bekal pelatihan tersebut diharapkan pelaku wisata dapat melakukan kesiapsiagaan dan mitigasi bencana terutama untuk pertolongan pertama jika terjadi bencana," katanya.

Rai Savitri juga meminta pengelola untuk terus mengikuti perkembangan cuaca dari BMKG Yogyakarta dan selalu menjalin komunikasi dengan BPBD Sleman maupun komunitas relawan penanggulangan bencana.

"Sedangkan bagi desa wisata yang berada di kawasan lereng Gunung Merapi juga kami minta terus memantau aktivitas Gunung Merapi dari instansi berwenang (BPPTKG) dan merespon cepat jika ada peringatan dini," katanya.

Ia mengatakan keamanan, kenyamanan dan keselamatan wisatawan atau pengunjung harus menjadi prioritas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement