Rabu 23 Nov 2022 05:56 WIB

Hang Nadim Batam Buka Rute Penerbangan Tujuan Silangit Tapanuli

Rute baru penerbangan akan dilayani oleh maskapai Citilink.

Bandara Silangit, Sumatra Utara
Foto: ANTARA FOTO/Andika Wahyu
Bandara Silangit, Sumatra Utara

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Bandara Internasional Hang Nadim Batam Kepulauan Riau menambah rute penerbangan baru dengan tujuan Silangit Tapanuli Utara, Sumatra Utara. Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam (BIB) Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan rute penerbangan baru tersebut mulai pada tanggal 1 Desember 2022 yang akan dilayani oleh maskapai Citilink.

Ia menyebutkan penambahan rute dengan tujuan tersebut karena banyak perantau dari daerah Silangit di Kota Batam. "Selain itu juga mengembangkan wisatawan ke Silangit," kata Pikry saat dihubungi di Batam, Selasa (22/11/2022).

Baca Juga

Ia menambahkan pihaknya akan terus memperluas rute penerbangan dari dan ke Batam, sebagai salah satu upaya peningkatan kunjungan wisatawan domestik ataupun mancanegara. Pikry menargetkan pada rute penerbangan tersebut mencapai 70 persen dari total keseluruhan penumpang.

"Kemudian ke depan dilihat lagi antusias penumpangnya apakah akan meningkat karena saat ini maskapai melayani penerbangan hanya dua kali penerbangan dalam seminggu. Untuk tahap awal ini dulu," kata Pikry.

Sekretaris Umum Ikatan Keluarga Tapanuli Utara Kota Batam Mangihut Rajagukguk mengatakan dengan dibukanya rute penerbangan baru menjadi kemudahan bagi warga Tapanuli Utara untuk melakukan perjalanan menuju Kota Batam.

"Masyarakat Tapanuli Utara yang merantau di Kepri itu terdata sebanyak 500 ribu jiwa. Selain itu, pesawat ini juga bisa membawa kargo yang merupakan hasil pertanian untuk dibawa ke Kota Batam, karena Batam bukan wilayah penghasil (produk pertanian)," ujar Mangihut.

Menurut Mangihut penerbangan dari Kota Batam menuju Silangit Tapanuli Utara sangat efektif menjelang akhir tahun karena adanya tradisi mudik dari masyarakat Tapanuli Utara pada saat Natal dan Tahun Baru.

"Jadi tidak harus melalui Kualanamu. Bisa langsung menuju ke Silangit," kata dia.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement