Selasa 22 Nov 2022 17:24 WIB

Layanan Vaksinasi Covid-19 di Tasikmalaya Kembali Normal

Layanan vaksinasi selain di Puskesmas juga di pusat perbelanjaan

Rep: bayu adji p/ Red: Hiru Muhammad
 Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya tetap menggencarkan vaksinasi Covid-19 meski momen Lebaran telah lewat. Pelaksanaan vaksinasi bahkan dilakukan di tempat-tempat umum. (Ilustrasi)
Foto: istimewa
Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya tetap menggencarkan vaksinasi Covid-19 meski momen Lebaran telah lewat. Pelaksanaan vaksinasi bahkan dilakukan di tempat-tempat umum. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya memastikan layanan vaksinasi Covid-19 telah kembali berjalan normal. Layanan vaksinasi itu tak hanya dilakukan di puskesmas, melainkan juga di pusat perbelanjaan Asia Plaza (AP) Kota Tasikmalaya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Asep Hendra, mengatakan, layanan vaksinasi Covid-19 di daerahnya memang sempat berhenti beberapa waktu lalu lantaran stok vaksin habis. Namun, sejak November 2022, layanan vaksinasi di Kota Tasikmalaya kembali berjalan normal.

Baca Juga

"Sejauh ini ketersediaan cukup di seluruh puskesmas. Kalau habis, provinsi siap untuk mendistribusikan lagi," kata dia saat dihubungi Republika, Selasa (22/11/2022).

Asep menambahkan, layanan vaksinasi di Kota Tasikmalaya tak hanya dilakukan di puskesmas. Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya juga kembali membuka layanan vaksinasi di pusat perbelanjaan AP Kota Tasikmalaya.

 

"Kemarin-kemarin memang sempat kosong, tapi sekarang sudah normal lagi pelayanan," kata dia.

Ia menilai, antusias masyarakat untuk melakukan vaksinasi juga cukup baik. Apalagi, saat ini vaksinasi dosis ketiga atau booster telah menjadi prasyarat untuk melakukan perjalanan dengan moda transportasi kereta api dan pesawat.

"Ditambah lagi, sebentar lagi akan memasuki musim liburan, di mana masyarakat biasanya bepergian pada momen tersebut," kata Asep.

Berdasarkan data hingga 22 November 2022, cakupan vaksinasi dosis pertama di Kota Tasikmalaya telah mencapai 92,52 persen. Sementara cakupan vaksinasi dosis kedua mencapai 74,71 persen. Sedangkan cakupan vaksinasi dosis ketiga mencapai 54,80 persen.

Asep tetap mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) selama beraktivitas. Ia juga meminta masyarakat untuk melengkapi vaksinasi Covid-19 sampai booster.

"Sampai sekarang belum ada pengetatan aktivitas. Namun, kami meminta masyarakat tetap menerapkan prokes dan melengkapi vaksinasi sampai booster. Apalagi sekarang mau memasuki musim liburan," kata dia.

 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement