Senin 21 Nov 2022 20:26 WIB

Belasan Rumah di Sukabumi Rusak Terdampak Gempa Cianjur

Gempa juga mengakibatkan longsor di sejumlah lokasi di Sukabumi.

Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Barat dan Cianjur turun ke lapangan membantu korban gempa bumi Cianjur.
Foto: dok. PMI
Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Barat dan Cianjur turun ke lapangan membantu korban gempa bumi Cianjur.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Belasan rumah di wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat, dikabarkan mengalami kerusakan akibat terdampak bencana gempa bumi dengan magnitudo (M) 5,6 yang terjadi pada Senin (21/11/2022) sekitar pukul 13.21 WIB. "Kami masih melakukan pendataan terhadap bangunan yang rusak atau terdampak gempa bumi ini, sudah ada beberapa laporan yang masuk terkait dampak pasca-gempa yang berpusat di Kabupaten Cianjur tersebut," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi Imran Whardani di Sukabumi, Senin.

Menurut Imran, pihaknya hingga saat ini masih melakukan pendataan ke sejumlah lokasi dengan melakukan patroli. Namun, sampai pukul 18.00 WIB, BPBD Kota Sukabumi belum mendapatkan laporan adanya korban jiwa pada bencana tersebut.

Baca Juga

Selain rumah yang rusak, gempa juga memicu terjadinya bencana tanah longsor di kawasan Agro Wisata Cikundul, Jalan Kapitann, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, kemudian, pusat perbelanjaan Kapitol di Jalan Ahmad Yani juga mengalami retak-retak. Dari hasil pendataan rumah yang rusak berada di Jalan Proklamasi Tespong, RT 04, RW 01, Kelurahan Jayamekar. Kecamatan Baros, Kampung Caringinngumbang, RT 01, RW 08 Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong.

Kemudian di Kelurahan Karamat, RT 01/03, Kecamatan Gunungpuyuh, Kel Subangjaya, RT 001/012, Kecamatan Cikole, RW 03 Kelurahan Cipanengah, Kecamatan Lembursitu, RT 03 RW 06 Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole. Selanjutnya di RT 3, RW 7 Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Jalan Samsi, RT 03/16, Kelurahan, Cisarua, Kecamatan Cikole,Jalamn Kapitan Rt 04/03, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Jalan Pasirpogor, RT 04, RW 08, Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh dan Jalan Tipar Gang Amarta II, RT 05, RW 06, Kelurahan Tipar Kecamatyan Citamiang.

"Data ini masih sementara, karena tidak menutup kemungkinan masih ada rumah atau bangunan yang rusak akibat terdampak bencana gempa yang berpusat di Kabupaten Cianjur," tambahnya.

Sesuai data BMKG gempa dengan magnitudo 5,6 berlokasi di 84 LS,107.05 BT 10 km Barat Daya Kabupaten Cianjur di kedalaman 10 km.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement