Senin 21 Nov 2022 06:02 WIB

Traveloka Travel Fair Catat Tren Perjalanan Akhir Tahun Meningkat

Minat masyarakat Indonesia liburan keluar negeri pada 2022 tumbuh sebesar 40 persen.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas memeriksa tiket penumpang di area Terminal Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (29/9/2022).
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Petugas memeriksa tiket penumpang di area Terminal Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (29/9/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perhelatan Traveloka Travel Fair 11.11 mencatat hampir satu juta orang berpartisipasi dalam acara yang berlangsung pada 4-11 November 2022. Kegiatan itu bertujuan membantu masyarakat merencanakan perjalanan jelang akhir tahun ini, yang menunjukkan antusiasme konsumen cukup tinggi.

Berdasarkan data dari Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO) menyebutkan bahwa pariwisata internasional menunjukkan pemulihan yang kuat. Sebanyak 474 juta wisatawan melakukan perjalanan ke luar negeri selama periode Januari hingga Juli 2022. Angka itu naik drastis dibandingkan pada periode yang sama 2021 dengan total jumlah 175 juta wisatawan.

Chief Marketing Officer Traveloka, Shirley Lesmana mengatakan, dengan kondisi global yang semakin pulih dari pandemi, minat masyarakat untuk melakukan perjalanan semakin menguat. "Sepanjang tahun ini kita sudah mendengar istilah revenge travel, di mana masyarakat di seluruh dunia memiliki keinginan kuat untuk kembali berwisata, begitu pun dengan masyarakat Indonesia," kata Shirley dalam siaran pers di Jakarta, Senin (21/11/2022).

Traveloka mencatat bahwa minat masyarakat terhadap destinasi domestik maupun internasional terus mengalami pertumbuhan, terutama destinasi di Asia Tenggara. Hal itu terbukti dengan adanya peningkatan minat masyarakat yang tumbuh sebesar 40 persen untuk melakukan perjalanan ke Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Vietnam, Taiwan, dan Australia.

"Kami sangat berterima kasih dengan antusiasme konsumen terhadap Travel Fair 11.11 dalam menyambut libur akhir tahun bersama Traveloka. Untuk itu, Traveloka akan terus berkomitmen untuk senantiasa terdepan dalam menghadirkan solusi yang tepat bagi konsumen untuk merencanakan perjalanan dengan lebih mudah, baik untuk destinasi di dalam maupun luar negeri," ucap Shirley.

Selain luar negeri, destinasi domestik juga tetap menjadi primadona bagi konsumen Traveloka. Lokasi favorit kota besar yang menjadi incaran selama Traveloka Travel Fair 11.11. adalah Bali, Medan, Surabaya, Makassar, dan Jakarta. Menariknya, promosi Traveloka juga menunjukkan munculnya minat terhadap lokasi wisata yang mulai berkembang, seperti Batam, Pekanbaru, Biak, Manado, Timika, dan Kendari.

"Traveloka Travel Fair 11.11 hadir untuk membantu konsumen merencanakan perjalanan impian dengan lebih mudah dan nyaman, baik untuk destinasi di dalam negeri maupun luar negeri," kata Shirley.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement