Ahad 20 Nov 2022 12:02 WIB

Porprov Banten VI di Kota Tangerang Mulai Digelar, Ada Pengalihan Arus Lalu Lintas

Masyarakat juga diimbau untuk mengetahui titik-titik kantong parkir.

Rep: Eva Rianti/ Red: Muhammad Fakhruddin
Porprov Banten VI di Kota Tangerang Mulai Digelar, Ada Pengalihan Arus Lalu Lintas (ilustrasi).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Porprov Banten VI di Kota Tangerang Mulai Digelar, Ada Pengalihan Arus Lalu Lintas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG -- Gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten VI mulai digelar di Kota Tangerang, Banten, Ahad (20/11/2022), dan diagendakan berlangsung hingga sepuluh hari ke depan. Polisi melakukan pengamanan yang lebih ketat serta pengalihan arus lalu lintas jelang pelaksanaan event tersebut. 

Pembukaan pesta olahraga terbesar se- Provinsi Banten tersebut akan dilaksanakan Ahad (20/11) sore di Stadion Benteng Reborn yang kapasitas 7.500 orang, berlokasi di Jalan Taman Makam Pahlawan Taruna (TMP), Kota Tangerang. Untuk memperlancar acara tersebut, Polres Metro Tangerang Kota menerapkan pengalihan arus lalu lintas serta penetapan kantung-kantung parkir di sekitar kawasan Stadion Benteng Reborn. 

Baca Juga

"Supaya diketahui masyarakat informasi terkait pengalihan arus lalu lintas dan kantong parkir pelaksanaan pembukaan Porprov VI Banten, silahkan akses media sosial Polres Metro Tangerang Kota," kata Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, Ahad.

Ada sejumlah titik yang diberlakukan buka tutup jalan. Yakni, Jalan Benteng Betawi, Jalan Sudirman, Jalan Thamrin, Jalan Kyai Maja, Downtown Alam Sutera dan Jalur Sutera, Jalan KH Hasyim Ashari, dan frontage Tol JORR 2 Buaran Indah. 

Masyarakat juga diimbau untuk mengetahui titik-titik kantong parkir. Zain menyebut ada empat titik kantong parkir, yakni di LP Anak Pria, TMP Taruna, Masjid Al-Azhom, dan Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Tangerang. 

Dia melanjutkan, terkait upaya pengamanan secara keseluruhan dalam event Porprov Banten VI, pihaknya menerjunkan seribuan personel kepolisian. Pihaknya terlebih dahulu menggelar apel kesiapan pengamanan sebelum pelaksanaan pembukaan event tersebut pada hari ini untuk mengecek kesiapan personel dan sarana prasarana. 

"Sebanyak 1.669 pasukan gabungan terdiri dari Polres Metro Tangerang Kota, Kodim 0506/TGR, Satpol PP dan Dishub Kota Tangerang, termasuk pasukan BKO (bantuan kendali operasi) dari Polda Metro Jaya," tuturnya. 

Zain memastikan tidak ada pengerahan massa yang besar dalam pertandingan, khususnya terhadap cabang olahraga (cabor) yang menjadi favorit bagi masyarakat. Lebih lanjut, dia menyebut,  saat pengamanan tidak ada anggotanya yang membawa senjata api, gas air mata, maupun peralatan lain yang dilarang selama kegiatan. 

"Kita juga membuat pos pengamanan terpadu bertempat di kantor satpol PP Kota Tangerang, ini sebagai pusat pengendalian dan pengawasan agar semua dapat termonitor dan terencana dengan baik," ujarnya. 

Terpisah, Pemerintah Kota Tangerang mengimbau masyarakat untuk menggunakan transportasi publik jika ingin menyaksikan pembukaan Porprov Banten VI. Hal itu untuk meminimalisasi kemacetan parah di berbagai titik. 

"Supaya tidak terjadi kepadatan maka diimbau untuk menggunakan kendaraan umum," kata Sekretaris Daerah Kota Tangerang Herman Suwarman. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement