Ahad 20 Nov 2022 06:04 WIB

Ragam Kegiatan Meriahkan Ganjar Pranowo Ethnic Carnival di Kabupaten Ciamis

Karnaval ini menjadi salah satu ajang budayawan sunda menampilkan kreativitas.

Pernak-pernik karnaval (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Pernak-pernik karnaval (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Ada yang berbeda dari akhir pekan di Provinsi Jawa Barat seiring digelarnya Kegiatan Ganjar Pranowo Ethnic Carnival yang berlangsung di Kabupaten Ciamis. Selain itu, Kota Banjar juga menggelar kegiatan senam sehat bersama yang berlangsung pada Sabtu (19/11/2022).

Melalui kegiatan ini ribuan warga Jawa Barat menampilkan dukungan kepada Ganjar dengan ikut turut memeriahkan setiap rangkaian acara yang diselenggarakan bersama Sahabat Ganjar (Saga).  Perwakilan dari Komunitas Sunda Sandi, menyampaikan rasa syukurnya dapat menjadi bagian dalam menyemarakkan dukungan kepada Ganjar melalui kegiatan karnaval ini.

Baca Juga

“Alhamdulillah, akhirnya kami Komunitas Budaya Sunda bisa ikut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan Sahabat Ganjar di Kabupaten Ciamis. Menurut kami Pak Ganjar sangat peduli terhadap kebudayaan Nusantara, maka salah satu dukungannya hadir dari Kabupaten Ciamis,” kata Sandi.

Mengambil konsep pesta budaya rakyat, kegiatan ini juga menampilkan karnaval dari Budaya Bebegig yang melibatkan para penggiat seni budaya Jawa Barat. Fasa, perwakilan dari penggiat seni bebegig melihat kegiatan ini merupakan ajang apresiasi dan memperkenalkan budaya lokal yang sangat baik untuk laksanakan.

 

“Sangat penting sekali kegiatan semacam ini diadakan di seluruh Indonesia, khususnya di Ciamis. Karena Indonesia sangat kaya akan budaya, salah satunya bebegig ini merupakan ciri khas kabupaten Ciamis.” kata Fasa.

Selain itu, 500 masyarakat di Kota Banjar juga semarakan kegiatan untuk mendukung Ganjar melalui senam sehat bersama.

"Selain untuk memperkenalkan sosok Pak Ganjar Pranowo kepada masyarakat kota banjar, ibu-ibu bersama Komunitas Senam di sini juga sangat antusias atas kedatangan Sahabat Ganjar," Ketua DPC Kota Banjar, Imas Roslina

"Kegiatan Senam Sehat ini sangat positif untuk Kesehatan terutama untuk menjaga kebugaran tubuh. masyarakat disini juga sudah rutin mengadakan senam sehat bareng sebelum berkatifitas," tambah Imas.

Provinsi terakhir yang menyemarakan kegiatan di akhir pekan kali ini adalah di Pasar Legi, Kota Solo, Jawa Tengah. Pada kegiatannya, Ketua DPC Surakarta Tri Mardianto mengungkapkan deklarasi dukungan sudah dilangsungkan berulang kali untuk mengawal Ganjar.

"Ini merupakan kegiatan yang ke kesekian kalinya, karena sudah hampir satu tahun ini kami rutin berkegiatan untuk melakukan seruan mendukung Ganjar," ungkapnya.

Terkait pilpres, elektabilitas Ganjar sendiri masih stabil di posisi papan atas. Hail survei Y-Publica menunjukkan posisi tiga besar bursa calon presiden makin mantap dikuasai oleh Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan, masing-masing dengan elektabilitas berturut-turut  23,1 persen,  20,2 persen dan16,3 persen.

 

“Ganjar, Prabowo, dan Anies menguasai tiga besar bursa capres, sedangkan AHY potensial mengalami kenaikan elektabilitas,” kata Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono seperti dilansir dari Antara.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement