Rabu 16 Nov 2022 16:22 WIB

Jubir Jelaskan Alasan Wapres tak Ikut Hadiri KTT G20

Ma'ruf sudah berkoordinasi dengan Presiden Joko Widodo terkait acara di Bali.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ilham Tirta
Wakil Presiden Republik Indonesia Maruf Amin.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Wakil Presiden Republik Indonesia Maruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin tidak mengikuti rangkaian pertemuan kepala negara di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022. Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi menjelaskan, ketidakhadiran Ma'ruf di pertemuan internasional di Pulau Dewata tersebut sudah berkoordinasi dengan Presiden Joko Widodo.

Masduki beralasan, Wapres Ma'ruf memilih untuk menjalankan tugas kepresidenan yang ada di Jakarta. "Jadi, Wapres memang sengaja berkoordinasi dengan Presiden untuk tidak hadir di Bali. Karena apa, Wapres harus menjaga gawang di Jakarta," ujar Masduki dalam keterangan persnya di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga

Masduki mengatakan, Ma'ruf mendapat tugas limpahan Presiden Jokowi yang pelaksanaannya bersamaan dengan KTT G20. Karena itu, dia meminta ketidakhadiran Wapres Ma'ruf di KTT G20 tidak ditafsirkan sebagai ketidakseiramaan Wapres dengan Presiden Jokowi.

Menurutnya, kerja seirama presiden dengan wakil presiden tidak harus dilakukan satu tempat. "Jadi, wapres memang sengaja ada di sini, besok bahkan juga ada pelimpahan tugas ke Semarang dari Presiden untuk (halal) H-20, masih rangkaian dari G20. Jadi banyak sekali tugas-tugas yang dilaksanakan oleh Wakil Presiden dalam rangka menerima pelimpahan tugas dari presiden," ujarnya.

Selain itu, jika Wapres turut hadir di Bali, justru semakin menambah pengamanan karena kehadiran orang nomor satu dan nomor dua di Indonesia tersebut. "Bisa dibayangkan kalau pengamanannya begitu ketat, banyak sekali kepala-kepala negara di dunia berkumpul di Bali, saya kira juga merepotkan banyak orang dan wapres sudah minta izin kepada presiden untuk tidak hadir di Bali," ujarnya.

"Itu penjelasan dari kami agar tidak ada hal-hal yang macam-macam ditafsiri kenapa wakil presiden tidak hadir di Bali," ujarnya.

Semalam, selain Kepala Negara anggota G20, sejumlah mantan presiden dan wakil presiden Indonesia, serta para pejabat menteri lainnya turut hadir dalam gala dinner G20 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana di Kuta Selatan. Mereka di antaranya Presiden kelima Megawati Soekarnoputri, Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla, Wapres ke-6 Try Sutrisno. Namun demikian, Wapres Ma'ruf tidak nampak hadir dalam pertemuan tersebut maupun rangkaian penutupan G20 hari ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement