Senin 14 Nov 2022 20:26 WIB

Polisi: Keamanan Papua Barat Aman Jelang Puncak KTT G-20

Polisi harus beri jaminan keamanan di seluruh Indonesia jelang pelaksanaan KTT G-20.

Kapolda Papua Barat Irjen Daniel Tahi M Silitonga (kanan).
Foto: Istimewa
Kapolda Papua Barat Irjen Daniel Tahi M Silitonga (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, MANOKWARI – Kepala Polda Papua Barat Inspektur Jenderal Daniel Silitonga menyatakan, seluruh wilayah Papua Barat kondusif menjelang KTT G-20 yang segera berlangsung di Nusa Dua, Provinsi Bali, 15-16 November. Dia menindaklanjuti arahan Kepala Kepolisian Indonesia Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo terkait kehadiran polisi untuk memberikan jaminan keamanan dan ketertiban umum jelang puncak pelaksanaan KTT G-20 di seluruh wilayah Indonesia.

"Keamanan dan ketertiban wilayah (37 Provinsi) di Indonesia termasuk Papua Barat menjadi tolak ukur keberhasilan Polri melaksanakan pengamanan jelang puncak pembukaan KTT G-20," ujar dia Manokwari, Senin (14/11/2022).

Baca Juga

Untuk memastikan keamanan wilayah Papua Barat, dia mengerahkan seluruh personel Bhabinkamtibmas Polres jajaran agar bertindak responsif terhadap setiap situasi yang berkembang di tengah masyarakat. "Kita meningkatkan frekuensi kehadiran anggota Polri di tengah masyarakat dengan cara menambah jam patroli, serta memaksimalkan kehadiran Bhabinkamtibmas untuk berkunjung ke masyarakat di wilayah tugas masing-masing," ujar dia.

Sebagai informasi, KTT G20 di Nusa Dua, Bali pada 15-16 November 2022 merupakan forum kerja sama 20 negara ekonomi utama dunia. Forum kerja sama 20 negara ekonomi dunia terdiri atas 19 negara dan satu kawasan, yaitu Argentina, Australia, Brazil, Kanada, Republik Rakyat Tiongkok atau China, Perancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Republik Korea, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Akan tetapi, terlepas dari 20 negara itu, Pemerintah Indonesia juga mengundang negara lain dalam forum G20 dalam presidensinya. Pemerintah memastikan sebanyak 17 kepala negara anggota G20 akan hadir dalam KTT G20. Sementara Tiga kepala negara yang tidak hadir, yakni dari Rusia, Brasil, dan Meksiko.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement