Senin 14 Nov 2022 14:59 WIB

Jokowi Minta Dukungan Jepang Selesaikan Proyek MRT Tepat Waktu

Jokowi yakin kerja sama Indonesia-Jepang akan semakin baik.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
 Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida (kiri) berbicara dengan Presiden Indonesia Joko Widodo dalam pertemuan bilateral menjelang KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Indonesia, Senin, 14 November 2022.
Foto: AP/Achmad Ibrahim
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida (kiri) berbicara dengan Presiden Indonesia Joko Widodo dalam pertemuan bilateral menjelang KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Indonesia, Senin, 14 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di The Apurva Kempinski Bali, Senin (14/11/2022). Dalam pertemuan ini, Jokowi meminta dukungan Jepang agar bisa menyelesaikan proyek MRT tepat waktu.

“Saya harapkan dukungan Yang Mulia agar proyek MRT bisa selesai tepat waktu,” ucap Jokowi, dikutip dari siaran pers Istana.

Baca Juga

Jokowi pun mengapresiasi penandatanganan nota kesepahaman kelanjutan MRT fase 1 hari ini dan kerja sama studi MRT fase 3 akhir Oktober lalu. Sedangkan terkait kerja sama ekonomi dengan Jepang, Jokowi mendorong penyelesaian IJEPA (Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement). “Kinerja kerja sama ekonomi kita cukup baik. Saya yakin kinerja ini akan dapat lebih baik jika kita dapat selesaikan IJEPA segera,” ungkap Jokowi.

Selain itu, Jokowi dan PM Kishida juga membahas kerja sama di kawasan. Jokowi mengatakan, keketuaan ASEAN oleh Indonesia bertepatan dengan peringatan 50 tahun ASEAN-Jepang. Ia pun menekankan pentingnya untuk terus menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan dan membangun industri hijau di kawasan.

“Saya mendorong implementasi konkret sinergi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) dengan Free and Open Indo-Pacific (FOIP). Tahun depan, Indonesia juga akan mendorong engagement negara Pasifik dengan ASEAN. Indonesia juga ingin mengajak Jepang mempererat kerja sama dengan negara-negara di Pasifik,” jelas Jokowi.

Dalam kesempatan ini, Jokowi mengajak PM Kishida bersama-sama menyukseskan KTT G20 agar hasilkan deklarasi bersama.

“Harapan dunia sangat besar terhadap G20 sebagai katalis pemulihan global. Kesuksesan G20 merupakan collective responsibility dari seluruh negara G20,” ucap dia.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri ESDM Arifin Tasrif, dan Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement